Jet-jet Tempur MiG-29 Korut Dogfight untuk Kim Jong-un

Kamis, 16 April 2020 - 09:48 WIB
loading...
Jet-jet Tempur MiG-29 Korut Dogfight untuk Kim Jong-un
Sebuah jet tempur MiG-29 Korea Utara menembakkan rudal untuk menghantam target di udara dalam simulasi pertempuran yang dipersembahkan untuk pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/KCNA
A A A
PYONGYANG - Militer Korea Utara (Korut) melakukan simulasi pertempuran pesawat-pesawat jet tempur di udara atau dogfight yang melibatkan pesawat MiG-29. Simulasi itu dipamerkan di hadapan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Beberapa foto langka manuver jet-jet tempur itu dirilis Pasukan Anti-Udara Rakyat Korea (KPAAF) tanpa merinci tanggal kejadian. Salah satu foto menunjukkan sebuah jet tempur MiG-29 mengincar target di udara dan disaksikan oleh Kim Jong-un.

Kim Jong-un, diktator muda Korut, memegang memegang beberapa jabatan resmi. Salah satunya adalah Ketua Komisi Urusan Negara.

Korean Central News Agency (KCNA), kantor berita resmi Korut, dalam laporannya 12 April menyatakan Kim dan beberapa pejabat top Korea Utara lainnya menginspeksi kelompok pesawat pengejar.

Pesawat-pesawat tempur yang diinspeksi diidentifikasi sebagai jet tempur MiG-29, dan lokasinya dicatat oleh para ahli sebagai Pangkalan Udara Sunchon.

Kim juga memeriksa pesawat penyerang darat Su-25 milik Angkatan Udara Korut. Seperti halnya MiG-29, pesawat Su-25 milik negara komunis tersebut dibuat oleh Uni Soviet sebelum runtuh.

Negara yang dipimpin Kim Jong-un diketahui memiliki 18 unit jet tempur MiG-29 dan 34 unit pesawat Su-25.

Menurut KCNA yang dikutip Sputniknews, Kamis (16/4/2020), para pilot melakukan akrobat udara, terlibat dalam dogfight dan bahkan menembak jatuh target di udara untuk para pejabat tinggi. KCNA juga merilis beberapa foto langka dari kegiatan tersebut yang dibagikan ulang di media sosial oleh para pengamat Barat.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)