Russia: 2.000 Militan Timur Tengah Bertempur di Nagorno Karabakh

Rabu, 04 November 2020 - 02:03 WIB
loading...
Russia: 2.000 Militan Timur Tengah Bertempur di Nagorno Karabakh
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Foto/Middle East Monitor
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan bahwa sekitar 2.000 militan dari Timur Tengah telah ikut bertempur di Nagorno Karabakh . Pertempuran di wilayah sengketa itu adalah pertempuran terburuk dalam konflik antara Armenia dan Azerbaijan dalam lebih dari seperempat abad.

Pernyataan Lavrov muncul ketika pihak yang bertikai saling menuduh atas serangan baru di wilayah tersebut.

"Kami pasti khawatir tentang internasionalisasi konflik Nagorno-Karabakh dan keterlibatan militan dari Timur Tengah," kata Lavrov dalam wawancara dengan harian bisnis Rusia Kommersant.

"Kami telah berulang kali meminta pemain asing untuk menggunakan potensi mereka untuk menghentikan transfer militan, yang jumlahnya di zona konflik mendekati 2.000," imbuhnya seperti dilansir dari Independent, Rabu (4/11/2020).



Lavrov menambahkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin mengangkat masalah ini dalam pembicaraan telepon minggu lalu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Lavrov mengatakan bahwa Rusia terus mendorong permusuhan untuk diakhiri, mencatat bahwa mereka sedang mengerjakan serangkaian langkah verifikasi yang diperlukan untuk mencapai gencatan senjata yang abadi, termasuk kemungkinan penempatan pengamat internasional di bawah naungan Organisasi untuk Keamanan dan Kerja Sama di Eropa.

Pertempuran sengit yang melibatkan artileri berat, roket, dan drone telah berkecamuk meskipun dunia internasional berulang kali berusaha untuk mengakhiri permusuhan. Gencatan senjata yang ditengahi Amerika Serikat (AS) langsung ambruk setelah diberlakukan minggu lalu, seperti dua gencatan senjata sebelumnya yang dinegosiasikan oleh Rusia. Tidak hanya itu, janji terbaru oleh Armenia dan Azerbaijan untuk tidak menargetkan daerah pemukiman dilanggar beberapa jam setelah dibuat pada hari Jumat. Pihak yang bertikai telah berulang kali menyalahkan satu sama lain atas pelanggaran.(Baca juga: Lagi, Armenia dan Azerbaijan Sepakati Gencatan Senjata )

Tembakan artileri menghantam Ibu Kota kawasan itu, Stepanakert, pada Selasa malam dan kementerian darurat Nagorno-Karabakh juga mengatakan tiga roket menghantam kota utama Shushi yang strategis.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev telah menegaskan bahwa Azerbaijan memiliki hak untuk merebut kembali wilayahnya secara paksa setelah tiga dekade mediasi internasional yang sia-sia. Dia mengatakan bahwa Armenia harus berjanji untuk mundur dari Nagorno-Karabakh sebagai syarat untuk gencatan senjata yang abadi.

Pasukan Azerbaijan telah merebut kembali kendali atas beberapa wilayah di pinggiran Nagorno-Karabakh dan menekan ofensif mereka ke wilayah separatis dari selatan, mencoba memutuskan hubungan antara wilayah separatis dan Armenia.(Baca juga: Azerbaijan Tuduh Armenia Berencana Pakai Amunisi Fosfor )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)