Medicago Akan Pasok 76 Juta Dosis Vaksin Covid-19 untuk Kanada

loading...
Medicago Akan Pasok 76 Juta Dosis Vaksin Covid-19 untuk Kanada
Kandidat vaksin Covid-19. Foto/REUTERS
A+ A-
QUEBEC - Medicago, perusahaan biofarmasi yang berkantor pusat di Quebec, Kanada mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Public Services and Procurement Canada (PSPC) untuk memasok 76 juta dosis vaksin untuk Covid-19.

Medicago juga akan menerima pendanaan sebesar C$173 juta untuk pengembangan vaksin, uji klinis dan pembangunan fasilitas manufaktur di Kota Quebec.

"Kami bangga dapat berkontribusi untuk negara lewat pasokan vaksin buatan dalam negeri. Kami juga berterima kasih kepada pemerintah Kanada yang telah mempercayai Medicago," ujar Dr Bruce Clark, President and Chief Executive Officer of Medicago seperti dikutip dari Newswire.ca, Jumat (30/10/2020). (Baca: Imuwan China Lari ke AS: Covid-19 Dibuat di Lab Militer Partai Komunis)

Medicago telah memulai pengujian vaksin fase 1 pada sukarelawan pada 14 Juli 2020 lalu. Dengan adanya kesepakatan ini, Medicago akan melakukan uji fase 2 pada awal November 2020. Jika uji coba fase 2 berhasil, uji coba fase 3 diharapkan akan dimulai pada Desember 2020.



Medicago merupakan perusahaan yang fokus pada penggunaan teknologi nabati untuk pengembangan vaksin. Perusahaan ini sebelumnya telah menghasilkan kandidat vaksin melawan H1N1 (flu babi) dalam beberapa minggu.

Perusahaan juga menggunakan teknologinya itu untuk mengembangkan antibodi terhadap SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19. Antibodi ini berpotensi digunakan untuk mengobati orang yang terinfeksi virus Covid-19. (Baca juga: Li Meng Yan Janjikan Bukti Covid-19 Dibuat di Lab Militer Partai Komunis China)

Saat ini pemegang saham mayoritas Medicago adalah Mitsubishi Tanabe Pharma Corporation, Jepang. Sedangkan sekitar sepertiga saham Medicago digenggam oleh Philip Morris Investments B.V. (PMIBV), anak perusahaan Philip Morris International yang juga merupakan afiliasi PT HM Sampoerna Tbk.



“Kami menyambut baik kolaborasi yang diumumkan antara dua departemen pemerintah Kanada dan Medicago untuk mempercepat upayanya melawan Covid-19,” kata Chief Executive Officer Philip Morris International André Calantzopoulos.

Menurut Andre, hasil yang lebih baik akan dapat dicapai ketika pemerintah dan perusahaan bergabung dalam upaya untuk mencapai tujuan bersama demi kebaikan yang lebih besar.

“Kami senang dapat mendukung pekerjaan Medicago untuk mengembangkan, memperkuat, memproduksi, dan menyediakan kandidat vaksin Covid-19,” ujarnya.
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top