Polisi Tembak Mati Pria Kulit Hitam Bersenjata Pisau, Kerusuhan Pecah di Philadelphia

Selasa, 27 Oktober 2020 - 21:09 WIB
loading...
Polisi Tembak Mati Pria Kulit Hitam Bersenjata Pisau, Kerusuhan Pecah di Philadelphia
Kerusuhan dan penjarahan pecah di Philadelphia setelah polisi menembak mati pria berkulit hitam bersenjata pisau. Foto/Russia Today
A A A
WASHINGTON - Kerusuhan dan penjarahan pecah di Philadelphia, Amerika Serikat (AS) ,setelah pria kulit hitam bersenjata pisau ditembak mati oleh polisi. Warga membobol toko hingga membakar mobil patroli polisi.

Pengunjuk rasa, termasuk aktivis Black Lives Matter , turun ke jalan setelah seorang pria berusia 27 tahun bernama Walter Wallace Jr. ditembak mati setelah terlibat perselisihan dengan polisi pada Senin sore waktu setempat.

Demonstrasi damai dengan cepat berubah menjadi kekacauan ketika orang-orang yang terekam video membobol toko dan berkelahi. Para perusuh melemparkan berbagai proyektil ke arah polisi dan membakar kendaraan patroli.

Sersan Polisi Philadelphia Eric Gripp mengatakan kepada media bahwa para petugas dipanggil ke sebuah rumah untuk seorang pria bersenjata. Begitu sampai di tempat kejadian, mereka disambut oleh Wallace Jr. yang sedang mengacungkan pisau.

"Pria itu mengabaikan perintah petugas untuk menjatuhkan senjata dan terus mengikuti mereka di sekitar beberapa kendaraan yang ada di sana," kata Gripp seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (27/10/2020).

Sebuah video yang diposting di media sosial menunjukkan Wallace Jr. dengan cepat berjalan ke arah dua petugas sementara seorang wanita, yang diidentifikasi di media sebagai ibunya, mencoba menghentikannya. Petugas berteriak "Letakkan pisau itu!" sebelum melepaskan beberapa tembakan ke pria itu, yang langsung jatuh ke tanah dan tidak bergerak.

Kota-kota di seluruh AS telah bergulat dengan aksi protes massal yang dipicu oleh kematian George Floyd dan orang kulit hitam Amerika lainnya di tangan polisi. Demonstrasi damai kadang-kadang diikuti oleh kerusuhan dan penjarahan hebat. (Baca juga: Demonstrasi Antirasisme Memanas di Kota-kota AS )

Aksi protes yang dipimpin oleh gerakan Black Lives Matter juga meningkatkan debat dan diskusi yang lebih luas tentang kebrutalan polisi dan keadilan rasial di negara tersebut.(Baca juga: Bentrok Kelompok Sayap Kanan dan Kiri Pecah di Beberapa Negara Bagian AS )

(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)