Israel Yakin Segera Capai Kesepakatan Normalisasi Baru dengan Negara Arab

Kamis, 22 Oktober 2020 - 15:01 WIB
loading...
Israel Yakin Segera Capai Kesepakatan Normalisasi Baru dengan Negara Arab
Seorang pejabat Israel memperkirakan bahwa ASakan mengumumkan kesepakatan lain yang membangun hubungan antara Israel dan negara Arab atau Muslim sebelum pemilu. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Seorang pejabat Israel memperkirakan bahwa Amerika Serikat (AS) akan mengumumkan kesepakatan lain yang membangun hubungan antara Israel dan negara Arab atau Muslim sebelum pemilihan umum AS. Sudan diduga menjadi negara Arab terbaru yang akan menjalin hubungan dengan Israel.

"Saya memiliki dasar yang masuk akal untuk percaya bahwa pengumuman akan datang sebelum 3 November. bahwa jika Anda mengizinkan saya, itulah yang saya pahami dari sumber-sumber saya," kata Menteri Kerjasama Regional Israel, Ofir Akunis seperti dilansir Al Arabiya.

Akunis mengatakan, ada beberapa negara yang menjadi kandidat untuk menormalkan hubungan dengan Israel. Dia tidak menyebutkan nama, hanya mengatakan bahwa biasanya AS yang akan mengumumkan hal itu.

Tetapi Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman tidak menunjukkan adanya terobosan diplomatik yang akan terjadi dalam waktu dekat, terkait dengan normalisasi hubungan dengan Tel Aviv. ( Baca juga: Gantz Ancam Gulingkan Perdana Menteri Israel Netanyahu )

"Lebih banyak negara yang berada di Liga Arab akan melakukan normalisasi dan berdamai dengan Israel, saya tidak ragu, itu adalah kepastian. Berapa banyak, dalam urutan seperti apa, saya pikir semua orang harus menunggu dan melihat," katanya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan bahwa Washington telah memulai proses menghapus Sudan dari daftar negara sponsor terorisme dan juga bekerja untuk membuat Khartoum mengakui Israel.

Sementara itu, Menteri Intelijen Israel, Eli Cohen mengatakan bahwa dia yakin Israel sangat dekat dengan normalisasi hubungan dengan Sudan. ( Baca juga: Dinilai Monopoli, Google Digugat Pemerintah AS )
(esn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1479 seconds (11.252#12.26)