Delegasi UEA Sambangi Tel Aviv: Israel Senang, Palestina Berang

Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:06 WIB
loading...
Delegasi UEA Sambangi Tel Aviv: Israel Senang, Palestina Berang
Israel semringah menyambut kedatangan delegasi UEA, Palestina menyebut kunjungan itu hal memalukan. Foto/Time of Israel
A A A
YERUSALEM - Delegasi Uni Emirat Arab (UEA) tiba di Israel pada Selasa (20/10/2020) untuk memperkuat normalisasi hubungan kedua negara yang ditandatangani bulan lalu. Ini adalah kunjungan bersejarah karena untuk pertama kalinya negara Teluk Arab itu mengunjungi Negara Zionis tersebut.

Sejumlah pejabat Amerika Serikat (AS) , termasuk Menteri Keuangan Steven Mnuchin, turut menemani delegasi UEA dengan pesawat Etihad Airways dari Abu Dhabi ke Bandara Ben Gurion dekat Tel Aviv.

Mereka mendapat sambutan karpet merah oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi, dan Menteri Keuangan Israel Katz.

"Kami membuat sejarah dengan cara yang akan bertahan dari generasi ke generasi," kata Netanyahu.

"Saya pikir kunjungan delegasi tingkat tinggi dari UEA akan menunjukkan kepada rakyat kita, kawasan, dan seluruh dunia manfaat dari pertukaran yang bersahabat, damai, dan normal," imbuhnya seperti dilansir dari Reuters.(Baca juga: Israel: Masalah Palestina Bukan Syarat Normalisasi dengan Negara Arab )

Otoritas Israel mengatakan kunjungan ke dekat Bandara Tel Avivitu akan dibatasi selamalima jam saja, karena masalah virus Corona.

"Ini adalah momen bersejarah bagi negara UEA dan Israel dan kami menantikan salaam (perdamaian) di wilayah tersebut," ujar salah satu pilot Etihad Airways dalam sebuah video yang diposting di Twitter oleh utusan AS untuk Timur Tengah AS Ari Berkowitz.

Berkowitz dan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mendampingi delegasi Emirat, yang dipimpin oleh Menteri Ekonomi Abdullah bin Touq al-Mari dan Menteri Negara Urusan Keuangan Obaid Humaid al-Tayer, menurut juru bicara kementerian luar negeri UEA.

Para pejabat AS pada hari Minggu bergabung dengan delegasi Israel ke Bahrain untuk upacara penandatanganan guna meresmikan hubungan.

UEA dan sesama negara Teluk Bahrain pada bulan September lalu menjadi negara Arab pertama dalam seperempat abad yang menandatangani kesepakatan untuk menjalin hubungan formal dengan Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)