Cegah Pandemi Berikutnya, China Sahkan UU Biosekuriti

loading...
Cegah Pandemi Berikutnya, China Sahkan UU Biosekuriti
Badan legislatif tertinggi China dilaporkan telah mengeluarkan undang-undang biosekuriti baru, yang bertujuan untuk mencegah penyakit menular, yang berpotensi menjadi pandemi di masa depan. Foto/REUTERS
A+ A-
BEIJING - Badan legislatif tertinggi China dilaporkan telah mengeluarkan undang-undang biosekuriti baru. Undang-udang bertujuan untuk mencegah dan mengelola penyakit menular, yang berpotensi menjadi pandemidi masa depan.

Melansir Xinhua pada Minggu (18/10/2020), Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional China memilih untuk mengadopsi undang-undang tersebut, semalam. Undang-undang itu mulai berlaku pada 15 April 2021 mendatang.

Undang-undang akan menetapkan sistem untuk pencegahan dan pengendalian risiko biosekuriti, termasuk pemantauan risiko dan peringatan dini, penyelidikan dan penilaian risiko, dan berbagi informasi. (Baca juga: Penasihat Keamanan AS: Sesuatu Mendekati Genosida di Xinjiang China)

Itu juga akan memiliki ketentuan untuk mencegah dan menanggapi risiko keamanan hayati tertentu, termasuk penyakit menular utama yang muncul, epidemi dan wabah mendadak, dan penelitian, pengembangan dan aplikasi bioteknologi.



Beijing telah mengumumkan pada bulan Mei bahwa mereka bertujuan untuk mempercepat pengesahan undang-undang biosekuritipada akhir tahun, menyusul wabah virus Corona yang pertama kali terdeteksi di kota Wuhan pada Desember tahun lalu.

China sendiri adalahsalah satu negara yang telah berhasil untuk mengekang penyebaran Covid-19, setelah menerapakan langkah-langkah agresif untuk mengekang penyebarannya.

Infeksi baru terdeteksi minggu lalu di kota Qingdao, yang mengakhiri catatan impresif China, yakni dua bulan tanpa melaporkan kasus lokal. (Baca juga: Waduh, Satelit Uni Soviet dan Roket China Hampir Tabrakan)



Komisi kesehatan China terakhir melaporkan 13 kasus virus Covid-19 di daratan pada 17 Oktober, menjadikan jumlah total kasus yang dikonfirmasi di daratan menjadi 85.672.
(esn)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top