Bom Perang Dunia Kedua Meledak Saat Dijinakkan di Polandia

Rabu, 14 Oktober 2020 - 08:35 WIB
loading...
Bom Perang Dunia Kedua Meledak Saat Dijinakkan di Polandia
Bom meledak saat dijinakkan di Polandia. Foto/Deccan Herald
A A A
WARSAWA - Bom era Perang Dunia Kedua terbesar yang pernah ditemukan di Polandia meledak di bawah air pada Selasa (13/10) saat para penyelam angkatan laut berupaya menjinakkannya.

Lebih dari 750 orang telah dievakuasi dari wilayah dekat Kanal Piast di pinggiran kota Swinoujscie, tempat bom Tallboy yang digunakan Angkatan Udara Kerajaan Inggris itu ditemukan.

Bom itu memiliki bobot hampir 5.400 kg, termasuk 2.400 kg bahan peledak di dalamnya.

“Proses penjinakkan berubah menjadi peledakan. Benda itu dapat dianggap sebagai dinetralkan, ini tidak akan menjadi ancaman lagi,” papar Letnan Dua Grzegorz Lewandowski, juru bicara Armada Pertahanan Pantai ke-8, dikutip kantor berita PAP.

“Semua penyelam berada di luar zona bahaya,” ungkap dia. (Baca Juga: Armenia: Tindakan Turki Persenjatai Azerbaijan Perlihatkan Ambisi Ekspansionis Mereka)

Swinoujscie memiliki satu terminal gas alam cair (LNG) tapi juru bicara walikota menyatakan bahwa tak ada orang yang terluka dan tak ada infrastruktur yang rusak. (Baca Infografis: Baju Iron Man untuk Misi Penyelamatan Diciptakan Ilmuwan Inggris)

Kanal Piast menghubungkan Laut Baltik dengan Sungai Oder di perbatasan Polandia dan Jerman. (Lihat Video: Sejumlah Aktivis dan Petinggi KAMI Ditangkap Polisi)

Bom itu dijatuhkan oleh Angkatan Udara Kerajaan Inggris pada 1945 untuk menyerang kapal cruiser Jerman, Lutzow.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1818 seconds (0.1#10.140)