China Minta Asia Waspada atas Kebijakan AS di Kawasan

Selasa, 13 Oktober 2020 - 17:11 WIB
loading...
China Minta Asia Waspada atas Kebijakan AS di Kawasan
Wang Yi mendesak negara-negara di Asia untuk waspada terhadap kebijakan AS, yang menurutnya memicu persaingan geopolitik di Laut China Selatan dan bagian lain kawasan itu. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Menteri Luar Negeri China , Wang Yi mendesak negara-negara di Asia untuk waspada terhadap kebijakan Amerika Serikat (AS) di kawasan. Wang Yi menyebut, itu memicu persaingan geopolitik di Laut China Selatan dan bagian lain kawasan itu.

Berbicara saat melakukan konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Malaysia, Hishammuddin Hussein, Wang Yi menuturkan, China dan ASEAN harus bekerja sama untuk menghilangkan "gangguan eksternal" di Laut China Selatan.

"Kami (China dan Malaysia) sama-sama berpandangan bahwa Laut China Selatan seharusnya tidak menjadi tempat bagi kekuatan besar yang bergulat dengan kapal perang," ucapnya dalam sebuah pernyataan. ( )

Dia juga mengatakan bahwa China telah berkomitmen untuk membeli 1,7 juta ton minyak sawit hingga 2023 dan telah berjanji untuk mendorong peningkatan pengiriman minyak sawit Malaysia yang diproduksi secara berkelanjutan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)