Kasus Infeksi Harian Virus Corona Global Catat Rekor

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 15:00 WIB
loading...
Kasus Infeksi Harian Virus Corona Global Catat Rekor
Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
JENEWA - Gelombang kedua pandemi virus Corona terus menyapu dunia. Hal itu terlihat dari kasus infeksi harian global virus penyebab Covid-19 ini yang mencatat rekor terbaru.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan rekor harian baru dalam kasus virus Corona yang dikonfirmasi di seluruh dunia. Tercatat ada lebih dari 350.000 infeksi dilaporkan ke badan kesehatan PBB itu pada hari Jumat.

Angka kasus baru harian tertinggi yang mencapai 350.766 kasus melampaui rekor yang ditetapkan awal pekan ini hampir 12.000. Penghitungan itu mencakup lebih dari 109.000 kasus dari Eropa saja.

Dalam konferensi pers, kepala darurat WHO Dr. Michael Ryan mengakui bahwa meskipun Covid-19 terus melonjak di seluruh dunia, tidak ada jawaban baru.

Dia mengatakan bahwa meskipun badan tersebut ingin semua negara menghindari penguncian yang telah menghancurkan ekonomi, pemerintah setempat harus memastikan orang-orang yang paling rentan dilindungi dan banyak tindakan harus diambil.

“Mayoritas orang di dunia masih rentan terhadap penyakit ini,” Ryan mengingatkan seperti dikutip dari ABC, Sabtu (10/10/2020).

Dia mengatakan setiap negara harus fokus tidak hanya pada langkah-langkah pembatasan, tetapi juga pada memperkuat sistem pengawasan, pengujian, pelacakan kontak dan memastikan populasi dilibatkan.

Ketika virus terus melonjak di seluruh Eropa dan tempat lain, Ryan mengakui bahwa tindakan pembatasan mungkin diperlukan di beberapa titik. Ilmuwan Inggris melaporkan minggu ini bahwa wabah Covid-19 berlipat ganda setiap beberapa minggu, rumah sakit Prancis kehabisan tempat tidur ICU, Jerman mungkin meminta tentara untuk membantu mengatasi wabahnya dan Spanyol menyatakan keadaan darurat di Madrid ketika kasus virus Corona melonjak.(Baca juga: Virus Corona Menggila, Spanyol Berlakukan Keadaan Darurat di Madrid )

"Penguncian mungkin tidak dapat dihindari di mana penyakit sudah tidak terkendali lagi, tetapi kami tidak boleh menerima bahwa di setiap negara, kembalinya kasus harus dilihat dengan segera kembalinya kebutuhan akan pembatasan penguncian," ujar Ryan.

Secara global, lebih dari 36 juta kasus Covid-19 telah dilaporkan, termasuk lebih dari 1 juta kematian.

Para ahli mengatakan penghitungan tersebut jauh di bawah perkiraan jumlah kasus sebenarnya dan Ryan mengatakan pada hari Senin bahwa perkiraan terbaik WHO adalah bahwa satu dari 10 orang di seluruh dunia - atau sekitar 760 juta orang - mungkin telah terinfeksi.(Baca juga: Selandia Baru Berhasil Lenyapkan Covid-19 untuk Kedua Kalinya )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1994 seconds (0.1#10.140)