5 Keluarga Kaya Raya di Dunia, dari Rothschild hingga Al-Saud

Minggu, 11 Oktober 2020 - 17:00 WIB
loading...
5 Keluarga Kaya Raya di Dunia, dari Rothschild hingga Al-Saud
Beberapa keluarga dikenal sebagai keluarga kaya di dunia. Kekayaan yang sudah ada sejak turun temurun membuat para anggotanya bergelimang kemewahan. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
BEBERAPA keluarga dikenal sebagai keluarga kaya raya di dunia. Kekayaan yang sudah ada sejak turun temurun membuat para anggotanya bergelimang kemewahan. Berikut daftar keluarga kaya raya tersebut. (Baca juga: 10 Raja dan Ratu Paling Kaya di Eropa)

1. Rothschild (USD10 triliun)
5 Keluarga Kaya Raya di Dunia, dari Rothschild hingga Al-Saud

Jumlah total kekayaannya mencapai USD10 triliun atau sekitar Rp133 kuadriliun. Kekuasaan The Rothschild berawal pada 1760-an, ketika Mayer Amschel Rothschild mendirikan sebuah bank di Jerman, di mana keluarga tersebut berasal. Saat ini Rothschild & Co merupakan salah satu dinasti perbankan terbesar di dunia. (Baca juga: Bukan Bill Gates, Ini Orang Paling Tajir Sepanjang Sejarah)

2. Al-Saud (USD1,4 triliun)
5 Keluarga Kaya Raya di Dunia, dari Rothschild hingga Al-Saud

Anggota keluarga Al-Saud pertama adalah Muhammad bin Saud, yang merupakan pendiri Arab Saudi, Emirate of Diriyah. Sekarang keluarga ini memiliki ribuan anggota dan memiliki kekayaan tak terhingga, diperkirakan sekitar USD1,4 triliun atau sekitar 152 kuadriliun.

Beberapa anggota keluarga Al-Saud tercantum dalam daftar miliuner Forbes. Peringkat tertinggi dalam daftar itu adalah Pangeran Al-Waleed bin Talal. Saat ini ia merupakan orang terkaya ke-41 di dunia dengan jumlah kekayaan USD19 miliar atau Rp259 triliun lebih. (Baca juga: Raja Salman Punya Rp240 Triliun, Ini Daftar 10 Politisi Terkaya Saudi)

3. Walton (USD1.300 miliar)
5 Keluarga Kaya Raya di Dunia, dari Rothschild hingga Al-Saud

Ketika sebagian besar keluarga kaya menjalankan berbagai bidang bisnis, keluarga Walton hanya memiliki satu bisnis, yaitu ritel terbesar di AS, Walmart. Sam Walton dan saudaranya, James "Bud" mendirikan bisnis ritel pada 1962.

Setelah kedua bersaudara Walton meninggal, Walmart diambil alih oleh anak-anak mereka, dua putra Sam dan satu putri, dan dua anak perempuan Bud. Forbes menobatkan Waltons sebagai keluarga terkaya di AS dengan jumlah kekayaan bersihnya mencapai USD1.300 miliar atau Rp17 kuadriliun. (Baca juga: Mendapat 'Durian Runtuh' Bernama Warisan, Orang-orang Ini Tajir Melipir)

4. Koch (USD820 miliar)
5 Keluarga Kaya Raya di Dunia, dari Rothschild hingga Al-Saud

Koch Industries adalah perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika setelah Cargill Inc. Tapi dalam hal jumlah kekayaan, Koch memiliki lebih banyak daripada Cargill, yaitu USD820 miliar atau Rp1.093 triliun.

Koch memiliki industri minyak dan bensin, yang dimulai pada 1920, ketika Fred C. Koch mengembangkan metode baru untuk penyempurnaan minyak mentah menjadi bensin. Saat ini, Koch Industries menjalankan berbagai macam bisnis, seperti makanan, properti, pakaian, transportasi, dan bahan bakar. (Baca juga: Kecil-kecil Kaya Raya, Inilah 5 Bocah Tajir di Dunia)

5. Mars (USD780 miliar)
5 Keluarga Kaya Raya di Dunia, dari Rothschild hingga Al-Saud

Produk Mars, seperti Snickers dan M & Ms tak hanya populer di AS, tapi juga di seluruh dunia. Frank Mars memulai perusahaan permen dan menjualnya dari dapur kecil pada 1911. (Baca juga: Jago Bikin Box Office, 5 Sutradara Top Ini Memiliki Kekayaan Melimpah)

Sekitar delapan belas tahun kemudian, anaknya, Forrest bergabung. Kini keluarga yang memiliki aset USD780 miliar atau sekitar Rp1.000 triliun lebih ini juga merupakan produsen makanan hewan, Pedigree dan Whiskas.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)