Rusia Tegaskan Perjanjian Militer dengan Armenia Tidak Berlaku di Nagorno-Karabakh

Kamis, 08 Oktober 2020 - 18:24 WIB
loading...
Rusia Tegaskan Perjanjian Militer dengan Armenia Tidak Berlaku di Nagorno-Karabakh
Rusia menyatakan, Komitmen Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), tidak berlaku untuk wilayah Karabakh. Foto/Ist
A A A
MOSKOW - Rusia menyatakan, Komitmen Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO), tidak berlaku untuk wilayah Karabakh. CSTO adalah aliansi militer pimpinan Rusia yang ditandatangani pada tahun 2002 oleh tujuh negara bekas Uni Soviet, termasuk Rusia, Armenia , Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Menanggapi pertanyaan tentang kemungkinan Rusia mengirim pasukan ke wilayah Karabakh Atas, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan jika ada negara anggota CSTO mengalami agresi, maka negara anggota lain akan membantu. Namun, Peskov mengatakan, Presiden Rusia, Vladimir Putin telah mengatakan bahwa perjanjian CSTO tidak mencakup wilayah Karabakh. (Baca juga : Erdogan Konfirmasi Telah Kerahkan Tentara Turki ke Qatar )

"Jika negara anggota CSTO terkena agresi, serangan dari luar, dalam hal ini, negara-negara anggota perjanjian memiliki komitmen untuk membela keadaan seperti itu," ucap Peskov dalam sebuah pernyataan. ( Baca Juga: Lihat grafis: Azerbaijan Akui Gunakan Drone Turki Di Konflik Nagorno-Karabak
"Permusuhan, yang sangat kami sesali, berlanjut hingga hari ini dan tidak dilakukan di wilayah Armenia. Adapun pemenuhan kewajiban perjanjian Rusia, kami selalu memenuhi, memenuhi dan akan memenuhi kewajiban kami," ujar Putin.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)