Lawan China, AS Butuh Lebih dari 500 Kapal Perang

Kamis, 08 Oktober 2020 - 00:08 WIB
loading...
Lawan China, AS Butuh Lebih dari 500 Kapal Perang
AS membutuhkan lebih dari 500 kapal perang pada 2045 untuk melawan China. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper mengatakan bahwa Angkatan Laut negaranya membutuhkan lebih dari 500 kapal perang pada tahun 2045 untuk melawan China .

Berbicara di acara Pusat Penilaian Strategis dan Anggaran online, Esper mengumumkan rencananya untuk armada masa depan: "Battle Force 2045." Rencana tersebut menyerukan kekuatan 355 kapal perang tradisional pada tahun 2035 dan kekuatan yang lebih besar yang terdiri dari lebih dari 500 kapal berawak dan tak berawak pada tahun 2045.

Sementara Esper mencatat ancaman dan tantangan yang ditimbulkan oleh Rusia, fokusnya adalah China, yang berencana untuk memodernisasi angkatan bersenjatanya pada tahun 2035 dan membangun militer kelas dunia pada tahun 2049.

"Saat itu, Beijing ingin mencapai kesetaraan dengan Angkatan Laut Amerika Serikat, jika tidak melebihi kemampuan kami di area tertentu dan untuk mengimbangi overmatch kami di beberapa wilayah lain," jelas Esper seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (8/10/2020).

Laporan Departemen Pertahanan AS baru-baru ini tentang pertumbuhan militer China mungkin mengatakan bahwa China telah mencapai keseimbangan atau melampaui AS di beberapa bidang, salah satunya adalah pembuatan kapal.(Baca juga: Hadapi China, AS Perkuat Koalisi 'Quad' Indo-Pasifik )

"China memiliki angkatan laut terbesar di dunia, dengan kekuatan tempur keseluruhan sekitar 350 kapal dan kapal selam termasuk lebih dari 130 kombatan permukaan utama," kata Pentagon dalam laporan China Military Power terbaru.

Pentagon juga melaporkan bahwa China adalah negara penghasil kapal teratas di dunia berdasarkan tonase. Laporan itu menambahkan bahwa negara tersebut saat ini sedang bekerja keras untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pembuatan kapal untuk semua kelas angkatan laut.

Proyek China Power di Pusat Kajian Strategis dan Internasional memperkirakan bahwa China dapat memiliki 425 kapal angkatan perang pada tahun 2030. Angkatan Laut AS saat ini memiliki kekuatan tempur sebanyak 296 kapal.

"Amerika Serikat harus siap untuk mencegah konflik, dan jika perlu, berjuang dan menang di laut," kata Esper.

Untuk mempertahankan overmatch saat China tumbuh lebih kuat, dia mengatakan bahwa Angkatan Laut AS membutuhkan kekuatan angkatan laut yang lebih besar dan lebih bervariasi. Ia pun memaparkan beberapa detail spesifik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)