Ini Kekayaan Ragam Corak Batik Indonesia

Selasa, 06 Oktober 2020 - 22:11 WIB
loading...
A A A
Menariknya, Batik Pekalongan dikerjakan di rumah-rumah. Sehingga, batik Pekalongan menyatu erat dengan kehidupan masyarakat Pekalongan.

Batik Madura

Ini Kekayaan Ragam Corak Batik Indonesia

plat_M

Salah satu batik yang terkenal di Jawa Timur adalah Batik Madura. Salah satu sentra batik di pulau garam ini ada di kota Bangkalan. Batik Madura terkenal dengan warnanya yang mencolok. Warna-warna terang ini mencerminkan karakter orang Madura karena dikenal memang menyukai warna mencolok. Selain motif batik tulis Madura didominasi warna-warna yang cerah dan kuat, batik madura juga didominasi dengan motif tumbuhan dan binatang.

Ada dua jenis batik tulis di Madura, yaitu batik tulis arah timur dan arah barat. Batik arah timur adalah batik tulis yang menggunakan pewarnaan bahan kimia, maka hasil warnanya pun terlihat lebih cerah. Sedangkan untuk batik tulis arah barat menggunakan pewarnaan alam yang dihasilkan dari bahan-bahan seperti daun jati dan daun jambu.

Menariknya, batik tulis yang berasal dari warna alami justru warnanya dapat bertahan sampai ratusan tahun. Makanya kain batik tulis warna alami ini juga paling mahal di antara batik tulis lainnya karena warna yang dihasilkan pun sempurna dan melekat pada kain dengan baik.
Jadi bagaimana, usai pandemik akan mengunjungi kampung batik mana? Yang pasti tetap jalan-jalan #DiIndonesiaAja.

Nah, untuk memeriahkan Hari Batik Nasional ikuti kontes #BatikItuAsyik yang diadakan Pesona Indonesia. Ada 2 macam kontes yang bisa diikuti, yaitu Kontes video kreatif TikTok di @indonesia.travel dan Kontes foto kece di instagram @pesonaid_travel.

Caranya gampang banget!

Syarat untuk ikutan kontes foto:
1. Buat postingan foto di FEEDS Instagram dengan mengenakan batik atau kain tradisional bermotif khas daerah asal
2. Postingan dapat berupa foto/video saat mengenakan pakaian tersebut di momen tertentu
2. Buat caption yang menarik dan selipkan pantun yang menunjukan rasa banggamu saat menggunakan batik atau pakaian tradisional yang bermotif khas dari daerah asalmu
3. Mention @pesonaid_travel dan gunakan hashtag #BatikItuAsyik
4. Mention juga ke 3 orang teman lainnya

Syarat untuk ikutan TikTok Batik Challenge:
1. Bikin kreasi video TikTok sekreatif dan seunik dengan gaya kamu pakai baju batik/ kain tradisional khas Indonesia lainnya
2. Posting di akun TikTok dan buat caption pakai hashtag #BatikItuAsyik
3. Mention akun TikTok @indonesia.travel
4. Durasi video maksimal 60 detik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0683 seconds (0.1#10.140)