Memiliki Efek Mengerikan, Inilah 4 Ranjau Darat Paling Mematikan

loading...
Memiliki Efek Mengerikan, Inilah 4 Ranjau Darat Paling Mematikan
Di banyak perang, ranjau darat terbukti efektif melumpuhkan musuh. Minimal bisa memperlambat pergerakan musuh. Sejumlah ranjau tercatat sebagai yang paling mematikan di dunia. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
ALAT utama sistem persenjataan (alutsista) semakin canggih. Baik itu pesawat temput, kapal perang, rudal, hingga senapan. Namun ada alutsista yang sudah sejak dulu kala digunakan dalam perang dan terbukti efektif hingga sekarang.

Ya di banyak pertempuran, ranjau darat terbukti efektif melumpuhkan musuh. Minimal bisa memperlambat pergerakan musuh saat melakukan penyerangan. Sejumlah ranjau tercatat sebagai yang paling mematikan di dunia. Apa saja jenisnya? Berikut daftarnya. (Baca juga: Indonesia Panaskan Perang Drone Militer Masa Depan)

1. Blast Mines
Memiliki Efek Mengerikan, Inilah 4 Ranjau Darat Paling Mematikan

Blast mine adalah yang paling simpel dari semua ranjau darat lainnya. Cara menggunakannya hanya perlu diletakkan di tempat yang ditentukan, lalu tunggu sampai ia dipicu dan akhirnya meledak. (Lihat grafis: 5 Angkatan Udara Paling Canggis di Dunia, Negara Mana Saja?)

Meskipun simpel dan sederhana, tapi blast mine adalah salah satu tanjau paling mematikan. Hal tersebut tak lain karena daya ledaknya yang ekstrem. Ngerinya lagi, ranjau satu ini cukup sensitif. Sedikit pemicu ia bisa meledak.



2. Fragmentation Mines
Memiliki Efek Mengerikan, Inilah 4 Ranjau Darat Paling Mematikan

Berbeda dengan blast mine yang simpel, ranjau satu ini butuh persiapan agak rumit ketika menggunakannya. Mekanismenya adalah dengan memasang semacam tali atau kawat di bagian atas ranjau kemudian mengikatkannya ke sebuah benda, entah tiang atau kayu. (Baca juga: 10 Komandan Militer Terburuk dengan Kekalahan Memalukan)

Jadi, ketika seseorang tak sengaja menyentuh tali tersebut sampai tertarik, maka ranjau satu ini akan terpicu dan meledak sejadi-jadinya. Daya ledaknya sendiri cukup besar dan sangat fatal jika terkena. Meskipun butuh persiapan untuk memasangnya, ranjau satu ini kadang sangat susah untuk dideteksi.

3. Directional Fragmentation Mines
Memiliki Efek Mengerikan, Inilah 4 Ranjau Darat Paling Mematikan

Tipe lain dari ranjau jenis fragmentation adalah directional. Soal mekanisme, ranjau satu ini memiliki kesamaan yakni bisa dipicu dengan jebakan kabel. Tapi, versi terbarunya bisa dikendalikan dengan remote kontrol.



Soal daya hancur, directional fragmentation ini sangat berbeda, pasalnya ia tidak meledak. Meskipun tidak meledak, tapi ranjau ini juga cukup mematikan.

Jadi, ketika dipicu, ia akan menembakkan bola-bola baja berukuran kecil ke satu arah dengan kecepatan yang luar biasa. Ranjau satu ini bisa berguna menghabisi satu pleton tentara.

4. Scatterable Mines
Memiliki Efek Mengerikan, Inilah 4 Ranjau Darat Paling Mematikan

Tak seperti blast mine atau fragmentation mines yang dipasang dengan tangan dan sistematis, scatterable dipasang dengan cara disebar begitu saja. Biasanya ia dilemparkan dari pesawat atau ditembakkan ke tempat tertentu. Yang unik dari ranjau ini adalah cara meledaknya. (Baca juga: Laut Jawa, Kekalahan Telak Sekutu hingga Bom Atom Hiroshima dan Nagasaki)

Scatterable tak meledak saat diinjak, justru ketika diangkat dari tanah barulah ia meledak sejadi-jadinya. Ngerinya lagi, ranjau satu ini biasanya berbentuk unik dan menarik perhatian untuk diambil.
(poe)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top