Teroris Boko Haram Gunakan Keledai Diikat Bom untuk Sergap Gubernur

Rabu, 30 September 2020 - 09:58 WIB
loading...
Teroris Boko Haram Gunakan Keledai Diikat Bom untuk Sergap Gubernur
Kelompok Boko Haram saat menculiak ratusan siswi Nigeria beberapa tahun lalu. Foto/Reuters TV/REUTERS
A A A
MAIDUGURI - Kelompok teroris Boko Haram yang berafiliasi dengan ISIS mengirim keledai yang diikat dengan bom untuk menyergap konvoi Guburnur Borno; Babagana Zalum. Para pejabat Nigeria menyebutnya sebagai penyergapan terkoordinasi.

Serangan bom yang memperdaya keledai itu terjadi hari Minggu. Taktik kotor ini bukan yang pertama kali dilakukan kelompok teroris tersebut.

Mengutip laporan BBC, Rabu (30/9/2020), Zalum sedang dalam perjalanan pulang ke Maiduguri, Ibu Kota Negara Bagian Borno, setelah kunjungan untuk bertemu ratusan penduduk yang baru saja pulang setelah melarikan diri dari rumah-rumah mereka enam tahun lalu. Mereka melarikan diri dari kekerasan dan pemberlakuan hukum syariah yang ketat versi Boko Haram. (Baca: Jet Tempur F-16 Turki Tembak Su-25 Armenia, Azerbaijan Anggap Bualan )

Borno berfungsi sebagai tempat kelahiran pemberontakan militan yang dimulai pada 2009. Namun, pemerintahan Zalum telah berupaya untuk mendorong penduduk yang telantar—banyak dari mereka telah tinggal di kamp-kamp jorok dengan sedikit bantuan—untuk kembali ke kota dan desa mereka.

Para tentara yang mengawal konvoi Zalum dilaporkan telah melihat seekor keledai sendirian, dan merasakan ada sesuatu yang tidak beres. Tentara menembak hewan itu yang memicu ledakan ledakan, dan kemudian para milisi Boko Haram keluar dari persembunyian mereka yang kemudian melepaskan tembakan.

Tak seorang pun di dalam konvoi itu, termasuk Zalum, yang terluka. (Baca: Seorang Suami Paksa Istrinya Penggal Kepala Pria Selingkuhannya )

Dua hari sebelumnya, pejabat setempat juga lolos dari upaya pembunuhan saat dalam perjalanan ke daerah dekat Danau Chad. Sedikitnya 18 orang tewas dalam serangan itu, termasuk empat warga sipil dan 14 petugas penegak hukum.

Namun terlepas dari beberapa keberhasilan di medan perang untuk memadamkan kampanye kebrutalan Boko Haram—dan pengakuan presiden Nigeria tahun lalu bahwa kelompok teroris itu telah dikalahkan secara teknis, Boko Haram terus mendatangkan malapetaka di wilayah tersebut.

Pemberontakan Boko Haram—yang bertujuan untuk pembentukan negara Islam di bawah hukum syariat versi mereka sendiri—telah merenggut nyawa lebih dari 30.000 jiwa sejak dipicu lebih dari satu dekade lalu. Pemberontakan itu juga menyebabkan jutaan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka. (Baca: Menolak Divaksin Covid-19, Elon Musk: Bill Gates Orang Bodoh )

Kebiadaban kelompok teroris itu pernah menjadi pusat perhatian publik internasional pada tahun 2014 setelah mereka menculik 276 siswi sekolah Kristen yang sebagian besar dari kota Chibok di timur laut Nigeria. Penculikan massal itu memicu kampanye aktivisme #bringbackourgirls yang viral di seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1096 seconds (0.1#10.140)