Pertengkaran di PBB Berlanjut, China Sebut AS Biang Kerok Dunia

loading...
Pertengkaran di PBB Berlanjut, China Sebut AS Biang Kerok Dunia
Foto/Ilustrasi
A+ A-
NEW YORK - Pertengkaran antara China dan Amerika Serikat (AS) di PBB terus berlanjut. Terbaru, utusan China untuk PBB mengatakan AS telah menciptakan cukup banyak masalah bagi dunia saat keduanya terlibat perdebatan tentang pandemi virus Corona selama pertemuan di Dewan Keamanan PBB yang menegangkan.

Sebelumnya, perwakilan AS untuk PBB Kelly Craft mengkritik China atas apa yang dikatakannya sebagai keputusan untuk menyembunyikan asal-usul virus Corona, meminimalkan bahayanya, dan menekan kerja sama ilmiah. Craft mengklaim tindakan Beijing mengubah epidemi lokal menjadi pandemi global.

Namun pernyataan Craft ini dengan cepat dibantah oleh utusan China Zhang Jun.

"Saya harus mengatakan, cukup sudah cukup. Anda telah menciptakan cukup banyak masalah bagi dunia," kata Zhang.



"Sayangnya, kami sekali lagi mendengar suara-suara dari AS yang sangat bertentangan dengan suasana pertemuan," imbuhnya seperti dikutip dari CNN, Jumat (25/9/2020).

Zhang menambahkan bahwa Beijing menolak tuduhan yang disebutnya tidak berdasar.

Perselisihan itu terjadi dua hari setelah Presiden AS Donald Trump menggunakan sebagian besar pidato videonya yang direkam sebelumnya untuk Sidang Umum PBB menyalahkan China atas pandemi Covid-19 dan karena menahan informasi tentang virus mematikan tersebut.



Trump menuduh Beijing mengizinkan penerbangan meninggalkan China dan menginfeksi dunia dan menyebut Covid-19 sebagai "virus China."(Baca juga: Sidang Umum PBB, Trump Serang China Terkait Covid-19)
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top