3 Kapal Perang AS Masuk Laut Barents Rusia, Pertama sejak Perang Dingin

Selasa, 05 Mei 2020 - 07:25 WIB
loading...
3 Kapal Perang AS Masuk Laut Barents Rusia, Pertama sejak Perang Dingin
Kapal perang Amerika Serikat, USS Donald Cook. Foto/REUTERS/US Navy/Mass Communication Specialist 2nd Class Mat Murch
A A A
MOSKOW - Tiga kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) berlayar memasuki Laut Barents di lepas pantai Arktik Rusia, Senin. Ini merupakan yang pertama kalinya sejak pertengahan 1980-an atau puncak Perang Dingin.

"Tujuan operasi itu adalah untuk menegaskan kebebasan navigasi dan menunjukkan integrasi tanpa batas di antara sekutu (NATO)," kata Angkatan Laut AS Eropa dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip CNN, Selasa (5/5/2020).

Ketiga kapal perang Amerika itu adalah kapal perusak USS Donald Cook, kapal perusak USS Porter dan kapal perusak USS Roosevelt. Mereka bergabung dengan fregat Angkatan Laut Kerajaan Inggris, HMS Kent.

Laut Barents adalah bagian dari Samudra Arktik dan berbatasan dengan Norwegia dan Rusia utara. Pelabuhan Murmansk Rusia, yang menampung Armada Utara Angkatan Laut Rusia, terletak di kawasan laut tersebut.

Angkatan Laut AS mengaku telah memberi tahu Moskow tentang operasi tersebut pada Jumat pekan lalu. "Untuk menghindari kesalahan persepsi, mengurangi risiko, dan mencegah eskalasi yang tidak disengaja," lanjut Angkatan Luat AS Eropa.

Para pejabat AS secara konsisten mengatakan bahwa Rusia telah meningkatkan kehadiran militernya di Kutub Utara atau Arktik dalam beberapa tahun terakhir.

"Rusia secara bertahap memperkuat kehadirannya dengan menciptakan unit-unit Arktik baru, merenovasi lapangan terbang dan infrastruktur lama di Kutub Utara, dan membangun pangkalan militer baru di sepanjang garis pantai Kutub Utara," kata Pentagon dalam laporannya tentang Arktik 2019 lalu.

"Ada juga upaya bersama untuk membangun jaringan pertahanan udara dan sistem rudal pantai, radar peringatan dini, pusat penyelamatan, dan berbagai sensor," imbuh lapiran Pentagon.

Akhir bulan lalu, jet tempur NATO mencegat pesawat militer Rusia di daerah itu pada dua kesempatan.

NATO, dalam sebuah pernyataan mengatakan pada Selasa pekan lalu sebuah pesawat peringatan dini serta dua pesawat pembom jarak jauh Tu-22 Rusia dengan pengawalan jet-jet tempur mendekati wilayah udara NATO di lepas pantai Norwegia dan diintersepsi atau cegat oleh jet tempur Norwegia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)