Pariwisata Indonesia Memiliki Potensi Ekonomi Besar

loading...
Pariwisata Indonesia Memiliki Potensi Ekonomi Besar
Pariwisata Indonesia Mulai Tumbuh
A+ A-
JAKARTA - Pariwisata #DiIndonesiaAja berpotensi menjadi sumber pendapatan terbesar setelah pertambangan. Pasalnya pariwisata bertumpu pada kreativitas masyarakat dan sumber daya alam yang bisa dapat diperbarui.

Pariwisata berkelanjutan secara sederhana dapat didefinisikan sebagai pariwisata yang memperhitungkan penuh dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam jangka panjang guna memenuhi kebutuhan pengunjung, industri, lingkungan dan masyarakat setempat.

Konsep pariwisata berkelanjutan dapat diaplikasikan ke semua bentuk aktifitas pariwisata di semua jenis destinasi wisata, termasuk pariwisata massal dan berbagai jenis kegiatan pariwisata lainnya. Konsep pariwisata berkelanjutan menjunjung prinsip keseimbangan lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya masyarakat setempat.

Aspek Lingkungan
Konsep pariwisata berkelanjutan adalah bagaimana memanfaatkan secara optimal sumber daya lingkungan yang merupakan elemen kunci dalam pengembangan pariwisata dengan cara mempertahankan siklus ekologi dan turut andil dalam melestarikan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati di suatu destinasi wisata. Tanpa upaya melindungi keberlanjutan ekologi, keseimbangan alam sebagai elemen utama wisata, akan rusak.



Bentuk konkret melindungi keberlanjutan ekologi adalah tidak membuang sampah sembarangan, meminimalisir limbah, serta tidak memburu atau merusak hewan dan tumbuhan yang dapat mengganggu siklus ekologi. Penggunaan sumber daya alam yang efisien dapat menjaga destinasi wisata menjadi bersih dan alami yang pada akhirnya akan berimbas kepada pelaku pariwisata itu sendiri.

Pariwisata Indonesia Memiliki Potensi Ekonomi Besar


Aspek Ekonomi
Menjaga keberlanjutan ekologi akan berkaitan langsung dengan ekonomi. Tanpa ekologi yang terjaga dalam jangka panjang secara otomatis kegiatan ekonomi akan terganggu. Alam yang rusak tentu tidak akan menarik lagi sebagai destinasi wisata, sehingga pada gilirannya menghentikan kegiatan ekonomi dan memutus pendapatan bagi masyarakat. Bagaimana akan mendapatkan penghasilan bila obyek wisata rusak?



Aspek Sosial-Budaya
Pariwisata berkelanjutan juga mesyaratkan penghormatan kepada adat tradisi dan sosial budaya masyarakat setempat, melestarikan nilai-nilai budaya dan seni tradisi yang ada, dan berkontribusi untuk meningkatkan rasa toleransi serta pemahaman antar-budaya.

Kaum milenial punya kepentingan sangat besar bagi terjaganya pariwisata berkelanjutan. Karena bagaimana pun kaum milenial adalah generasi berikutnya yang akan menikmati sumber daya alam bila ia tetap terjaga dengan baik.

Pariwisata berkelanjutan menjamin terjaganya aktivitas wisata sebagai kebutuhan manusia dalam menjaga kehidupan mentalnya secara seimbang. Sebagai wujud dari kesadaran kita untuk tetap menjaga kelestarian destinasi wisata yang berkelanjutan sudah seharusnya kita ikut berperan aktif dengan menjadi traveller yang bertanggung jawab dalam berwisata #DiIndonesiaAja.

Menjaga pariwisata yang berkelanjutan dalam kondisi pandemi seperti ini juga dapat diaplikasikan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan, memakai masker dan mencuci tangan dengan bersih dan benar serta menjaga jarak aman selama perjalanan wisata.
(srf)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top