Bill Gates Sebut Larangan Perjalanan Trump Perburuk Situasi Covid-19 di AS

loading...
Bill Gates Sebut Larangan Perjalanan Trump Perburuk Situasi Covid-19 di AS
Bill Gates menyatakan, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mungkin telah memperburuk Covid-19 di AS dengan memberlakukan larangan perjalanan. Foto/REUTERS
A+ A-
WASHINGTON - Bill Gates menyatakan, Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mungkin telah memperburuk Covid-19 di AS dengan memberlakukan larangan perjalanan. Pemerintah Trump mulai memberlakukan perjalanan secara luas pada Maret lalu.

Trump awalnya mengeluarkan larangan perjalanan ke China setelah wabah Covid-19 terjadi di provinsi Wuhan pada akhir Januari. Pada bulan Februari dan Maret, Trump melarang perjalanan dari Eropa dan negara lain yang dinilai menjadi pusat penyebaran Covid-19 ke AS. (Baca juga: Ketakutan Dunia dan Gates Foundation Jika 3 Bulan Lagi Vaksin COVID-19 Belum Ada)

"Kita menciptakan kesibukan ini dan kita tidak memiliki kemampuan untuk menguji atau mengkarantina orang-orang itu. Dan, itulah yang menyebarkan penyakit di sini. Anda tahu, larangan itu mungkin mempercepatnya, cara eksekusi itu dilakukan," kata Gates dalam sebuah wawancara dengan Fox News, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (20/9/2020).

"Pada Maret kita melihat ledakan yang luar biasa ini, di Pantai Barat datang dari China dan kemudian Pantai Timur datang dari Eropa. Jadi, meskipun kita telah melihat China dan kita telah melihat Eropa, kapasitas pengujian itu dan jelas pesan tentang bagaimana berperilaku tidak ada di sana," sambungnya.



Ini bukan pertama kali Gates melemparkan kritikan terhadap pemerintahan Trump terkait Covid-19. Sebelumnya, dia mengungkapkan kekesalannya dengan tanggapan AS terhadap pandemi Covid-19, dengan menyebut situasinya salah kelola.

Dia juga mengecam Komisaris Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, Stephen Hahn, yang secara keliru mengutip temuan dari studi Mayo Clinic tentang Covid-19. (Baca juga: Pandemi COVID-19 Membuat Orang Kecanduan Internet)
(esn)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top