Sebanyak 18 Pesawat China Berdengung Dekat Taiwan saat Wamenlu AS Berkunjung

loading...
Sebanyak 18 Pesawat China Berdengung Dekat Taiwan saat Wamenlu AS Berkunjung
Pesawat pembom H-6 China di dekat pesawat jet tempur F-16 Taiwan. Foto/REUTERS
A+ A-
TAIPEI - Taiwan mengerahkan sejumlah pesawat jet tempur F-16 pada hari Jumat (18/9/2020) ketika 18 pesawat China berdengung di dekat pulau itu. Belasan pesawat militer Beijing itu melintasi garis tengah Selat Taiwan yang sensitif, sebagai respons atas kunjungan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Amerika Serikat (AS), Keith Krach, ke Taipei.

Beijing sebelumnya telah mengumumkan menggelar latihan perang di dekat Selat Taiwan dan mengecam apa yang disebutnya kolusi antara Taiwan—yang masih diklaimnya sebagai bagian dari China—dan Amerika Serikat.

Wamenlu AS untuk Urusan Ekonomi Keith Krach tiba di Taipei pada hari Kamis untuk kunjungan tiga hari. Dia merupakan pejabat senior Departemen Luar Negeri Ameria yang datang ke Taiwan dalam empat dekade terakhir, di mana Beijing telah menjanjikan "respons yang diperlukan". (Baca: China Latihan Perang di Dekat Taiwan saat Diplomat AS Berkunjung)

Beijing telah menunjukkan kekhawatiran akan hubungan yang semakin dekat antara Taipei dan Washington, dan telah meningkatkan latihan militer di dekat pulau itu, termasuk dua hari latihan Angkatan Udara dan Angkatan Laut berskala besar minggu lalu.



Pihak Taipei mengatakan 18 pesawat China muncul dan berdengung di dekat Taiwan pada hari Jumat. Pengerahan pesawat militer ini jauh lebih banyak daripada manuver sebelumnya.

“18 Septermber, dua (pesawat) pembom H-6, delapan pesawat tempur J-16, empat pesawat tempur J-10 dan empat pesawat tempur J-11 melintasi garis tengah Selat Taiwan dan memasuki ADIZ (Zona Identifikasi Pertahanan Udara) barat daya Taiwan," kata Kementerian Pertahanan Taiwan dalam tweet berbahasa Inggris, yang dilansir Reuters.

"ROCAF mengerahkan pesawat tempur, dan mengerahkan sistem rudal pertahanan udara untuk memantau aktivitas," lanjut kementerian itu tersebut. ROCAF adalah singkatan dari Angkatan Udara Taiwan.



Kementerian itu menunjukkan peta jalur penerbangan jet-jet tempur China yang melintasi garis tengah Selat Taiwan, yang biasanya dihindari oleh pesawat tempur dari kedua pihak.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top