Trump 'Damaikan' Serbia-Kosovo, Dukungan untuk Israel Syaratnya

Sabtu, 05 September 2020 - 02:52 WIB
loading...
Trump Damaikan Serbia-Kosovo, Dukungan untuk Israel Syaratnya
Presiden AS Donald Trump menengahi normalisasi hubungan ekonomi Serbia-Kosovo di Gedung Putih. Foto/WSJ
A A A
WASHINGTON - Serbia dan Kosovo telah sepakat untuk menormalisasi hubungan ekonomi sebagai bagian dari pembicaraan yang ditengahi Amerika Serikat (AS) . Kesepakatan itu juga mencakup pemindahan kedutaan Serbia di Israel ke Yerusalem, dan Israel serta Kosovo sepakat untuk saling mengakui.

Kesepakatan itu diumumkan langsung oleh Presiden AS Donald Trump . Trump bahkan memuji kesepakatan itu, menyebutnya sebagai "terobosan besar" lebih dari satu dekade setelah Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 2008.

Setelah dua hari pertemuan dengan pejabat administrasi Trump, Presiden Serbia Aleksandar Vucic dan Perdana Menteri Kosovo Avdullah Hoti setuju untuk bekerja sama dalam berbagai bidang ekonomi untuk menarik investasi dan menciptakan lapangan kerja. Pengumuman itu memberi Trump kemenangan diplomatik menjelang pemilihan presiden pada November mendatang dan mendorong pemerintahannya untuk meningkatkan kedudukan internasional Israel.

"Saya senang mengumumkan komitmen yang benar-benar bersejarah," kata Trump di Oval Office, berdiri di samping kedua pemimpin, yang menandatangani perjanjian kerja sama ekonomi.

"Serbia dan Kosovo masing-masing telah berkomitmen untuk normalisasi ekonomi," imbuhnya.

“Setelah sejarah yang penuh kekerasan dan tragis serta bertahun-tahun negosiasi yang gagal, pemerintahan saya mengusulkan cara baru untuk menjembatani perpecahan itu. Dengan fokus pada penciptaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, kedua negara mampu mencapai terobosan besar,” ujar Trump seperti dikutip dari AP, Sabtu (5/9/2020).(Baca juga: Majalah Atlantic: Trump Sebut Marinir AS yang Tewas dalam PD I Pecundang )

Trump mengatakan Serbia telah berkomitmen untuk membuka kantor komersial di Yerusalem bulan ini dan memindahkan kedutaannya di sana pada Juli.

Sementara Kosovo, negara berpenduduk mayoritas Muslim, belum pernah mengakui Israel dan Israel juga tidak pernah mengakui Kosovo.

Dalam pernyataan langka yang dikeluarkan setelah dimulainya hari Sabat Yahudi, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu berterima kasih kepada presiden Serbia karena telah memindahkan kedutaan ke Yerusalem. Dia juga menegaskan bahwa Israel dan Kosovo akan menjalin hubungan diplomatik dan mengatakan Kosovo juga akan membuka kedutaan besarnya di Yerusalem.

"Kosovo akan menjadi negara mayoritas Muslim pertama yang membuka kedutaan besar di Yerusalem," kata Netanyahu.

"Seperti yang saya katakan dalam beberapa hari terakhir, lingkaran perdamaian dan pengakuan Israel semakin melebar dan diharapkan dapat menambah negara tambahan," imbuhnya.

Secara keseluruhan, total empat negara sekarang mengakui Yerusalem yang diperebutkan sebagai ibu kota Israel, termasuk AS dan Guatemala. Palestina mengklaim Yerusalem timur, yang diduduki oleh Israel dalam perang Timur Tengah 1967, sebagai calon ibu kota mereka.

Sikap terhadap Israel adalah bagian dari dorongan pemerintahan Trump untuk mendukung negara Yahudi tersebut, yang termasuk kecaman keras atas kritik terhadap Israel di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan di tempat internasional lainnya. Baru-baru ini, pemerintah AS juga menjadi perantara kesepakatan bagi Israel dan Uni Emirat Arab untuk menormalisasi hubungan . Itu diikuti oleh penerbangan komersial pertama antara Israel dan UEA, dengan negara tetangga Arab Saudi dan Bahrain untuk memungkinkan penerbangan semacam itu melewati wilayah udara mereka. Negara-negara Arab tambahan, termasuk Sudan, Bahrain dan Oman, telah diidentifikasi sebagai negara-negara yang mungkin segera juga akan menormalkan hubungan dengan Israel.(Baca juga: Dibantu Trump, Israel dan UEA Capai Kesepakatan Normalisasi Hubungan )

Parlemen Kosovo mendeklarasikan kemerdekaan dari Serbia pada 2008, sembilan tahun setelah NATO melakukan kampanye serangan udara 78 hari terhadap Serbia untuk menghentikan tindakan keras berdarah terhadap etnis Albania di Kosovo.

Sebagian besar negara Barat telah mengakui kemerdekaan Kosovo, tetapi Serbia dan sekutunya, Rusia dan China belum. Kebuntuan yang sedang berlangsung dan keengganan Serbia untuk mengakui Kosovo telah membuat ketegangan terus membara dan mencegah stabilisasi penuh wilayah Balkan setelah perang berdarah pada 1990-an.

"Ini adalah pembicaraan yang sulit bagi kami, tetapi saya benar-benar puas," kata Vucic kepada wartawan Serbia di Washington.

Dia menekankan bahwa kesepakatan ekonomi tidak memasukkan “saling pengakuan” antara Serbia dan Kosovo. Namun dia memuji pembicaraan itu sebagai kemenangan besar bagi Serbia dan langkah menuju hubungan yang lebih dekat dengan AS. Meskipun secara resmi mencari keanggotaan di Uni Eropa, Serbia telah menjalin hubungan politik, ekonomi dan militer yang erat dengan Rusia dan China.

Sementara PM Kosovo Avdullah Hoti menggambarkan kerja sama ekonomi sebagai "langkah maju yang besar" dalam hubungan tersebut dan mengatakan kedua pemimpin berkomitmen untuk bekerja sama.

Serbia dan Kosovo telah menyetujui perjanjian udara, kereta api, dan transit, termasuk yang akan membuka jalan bagi penerbangan pertama antara Pristina dan Beograd dalam 21 tahun. Perjanjian baru tersebut mencakup lebih banyak bidang kerja sama ekonomi. Para pemimpin bisnis di kedua negara telah frustrasi dan telah berbicara di antara mereka sendiri tentang cara-cara untuk mendorong investasi di luar pembicaraan politik yang sedang berlangsung yang ditengahi oleh UE.

Pada hari Senin, Vucic dan Hoti dijadwalkan pergi ke Brussel untuk mengadakan pembicaraan di bawah naungan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa (UE) Josep Borrell dan utusan khusus untuk dialog Beograd-Pristina Miroslav Lajcak.

UE telah menengahi pembicaraan antara dua bekas musuh masa perang selama lebih dari satu dekade, dan upaya AS paralel, meskipun difokuskan pada pembangunan ekonomi, belum sepenuhnya dirangkul oleh beberapa pejabat UE.

KTT Gedung Putih awalnya dijadwalkan pada bulan Juni, tetapi dibatalkan setelah Presiden Kosovo Hashim Thaci, yang akan memimpin delegasi Kosovo, didakwa atas kejahatan perang oleh pengadilan internasional.

Di Kosovo, Thaci memuji kesepakatan itu dan berterima kasih kepada Trump. Dalam pernyataan yang diposting di media sosial, dia mengatakan Kosovo kini harus terus mengupayakan keanggotaan di organisasi internasional sehingga telah meningkatkan statusnya di kancah domestik dan internasional.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)