alexametrics

Perempuan Ini Bermain Biola Saat Menjalani Operasi Otak

loading...
Perempuan Ini Bermain Biola Saat Menjalani Operasi Otak
Dagmar Turner memainkan biola saat menjalan operasi pengangkatan tumor di otaknya. Foto/ITV
A+ A-
LONDON - Seorang perempuan asal Inggris menjadi orang pertama di negara itu yang berhasil menjalani operasi pengangkatan tumor otak sambil memainkan biola.

Musisi profesional Dagmar Turner menjalani operasi otak di King's College Hospital, London, untuk mengangkat tumor jinak.

Setelah memulai operasi dengan anestesi umum, ahli bedah membangunkan Turner untuk memainkan biolanya. Ini dilakukan untuk membantu petugas medis menghindari area otaknya yang digunakan dalam memainkan instrumen musik itu.



Turner, anggota orkestra simfoni Isle of Wight, didiagnosis mengidap tumor tersebut pada 2013. Pada bulan November 2019, dokter memutuskan bahwa mereka perlu melakukan operasi.

Dalam konsultasi sebelum operasi, Turner mengatakan ia ditanya apakah dirinya seorang kidal atau bukan untuk memastikan sisi mana yang akan terpengaruh oleh operasi.

Musisi profesional mengatakan setelah memberi tahu tim medis tentang kehidupannya sebagai pemain biola, ia menyarankan ia bermain biola selama operasi.

"Saya menyarankan sebenarnya, jika mereka tidak ingin saya bermain biola selama operasi," ujarnya seperti dikutip dari ITV, Rabu (19/2/2020).

Dua setengah minggu setelah operasi, Turner kembali memainkan biola. Ia mengatakan dapat memainkan biola adalah segalanya baginya.

"Ini adalah hidupku, ini adalah apa yang aku lakukan di waktu senggang dan aku sangat menikmatinya," ujarnya.

Ahli bedah saraf, Profesor Keyoumars Ashkansaid mengatakan, itu semua tentang "perincian yang lebih baik" dari memainkan instrumen yang membuat mereka berhati-hati.

"Panjang senar, tekanan pada senar, semua gerakan cepat itu bergerak dari satu senar ke senar lainnya. Jadi itu yang tidak biasa bagi kami," ujarnya.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak