Tegang dengan AS, Kapal Induk Pertama Buatan China Latihan Perang

loading...
Tegang dengan AS, Kapal Induk Pertama Buatan China Latihan Perang
Shandong, kapal induk pertama buatan China. Foto/REUTERS
A+ A-
BEIJING - Kapal induk pertama buatan China, Shandong atau Tipe 001A, telah meninggalkan galangan kapal untuk latihan perang Beijing yang digelar di Laut Kuning dan Laut Bohai. Latihan tempur ini digelar di tengah memanasnya ketegangan antara China dan Amerika Serikat (AS).

Kapal induk Shandong kelas Kuznetsov telah ditarik dari pelabuhan di Dalian di provinsi timur laut Liaoning dan menuju ke Laut Bohai sejak Selasa lalu. Pergerakan kapal tersebut dilaporkan Haike News, akun media sosial yang dijalankan oleh media pemerintah China, People's Daily.

Jet tempur J-15 dan helikopter Z-18 juga terlihat di dek kapal induk Shandong. (Baca: China Tembakkan Rudal Pembunuh Kapal Induk, Peringatan untuk AS)

Shandong mulai beroperasi pada 17 Desember tahun lalu di Sanya, sebuah pelabuhan di pulau selatan Hainan, tetapi saat itu belum dinyatakan siap tempur.

Otoritas maritim di Liaoning pada Senin lalu mengumumkan zona larangan masuk bagi kapal sipil di Laut Bohai di lepas pantai Leting di Hebei, dan berlaku selama tiga minggu mulai hari Selasa karena ada "misi militer".



Area tersebut dilaporkan menjadi tempat di mana kapal Shandong akan melakukan sesi latihan tempur.

Kapal tersebut telah ditugaskan ke Armada Laut Selatan Angkatan Laut China yang berbasis di Sanya, tetapi jumlah awak kapal dibatasi karena sedang pandemi Covid-19. (Baca: Kapal Induk AS Gelar Latihan di Laut China Selatan)

Latihan tempur pertamanya tahun ini adalah latihan 23 hari di Laut Bohai dan Kuning pada bulan Mei dan Juni.

Pendahulunya, kapal induk Liaoning, membutuhkan waktu enam tahun untuk mencapai kapasitas penuh setelah pengiriman pada 2012.

Latihan tempur Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China saat ini sedang berlangsung di Laut Kuning dan Bohai di tengah ketegangan yang meningkat dengan AS. Angkatan Laut PLA juga baru saja menyelesaikan latihan Angkatan Laut di Laut China Selatan dan Laut China Timur.



China sebelumnya menyampaikan protes kepada Washington karena pesawat mata-mata AS memasuki zona larangan terbang di Laut China Selatan saat militer Beijing menggelar latihan. (Baca juga: Pilot Pesawat Tempur T-50 Golden Eagle yang Tergelincir Meninggal Dunia)

Angkatan Laut AS sendiri juga telah melakukan serangkaian latihan di wilayah tersebut dalam dua bulan terakhir, termasuk latihan kelompok tempur kapal induk, latihan bersama dengan Jepang dan transit melalui Selat Taiwan. China pada pekan lalu menembakkan sejumlah rudal anti-kapal ke wilayah Laut China Selatan tempat latihan kapal induk AS berlangsung.
(min)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top