Para Bos Teknologi Berbondong-bondong Hadiri Acara Mohammed bin Salman di Arab Saudi

Senin, 28 Oktober 2024 - 15:59 WIB
loading...
Para Bos Teknologi Berbondong-bondong...
Para bos teknologi dan keuangan dunia telah bersiap untuk menghadiri Future Investment Initiative, acara yang diselenggarakan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Foto/SPA
A A A
RIYADH - Arab Saudi akan menjadi tuan rumah bagi nama-nama besar di bidang keuangan dan teknologi dunia pada pekan depan.

Acara ini menjadi tes bagi minat investor terhadap ambisi kerajaan untuk mengubah dirinya menjadi pusat global di tengah meluasnya konflik Timur Tengah.

Para eksekutif internasional harus bersaing dengan kawasan yang diguncang ketegangan geopolitik, dengan ancaman konfrontasi militer lebih lanjut antara Israel dan Iran pada tingkat tertinggi dalam beberapa dekade.

Mereka akan mendarat di negara yang semakin menghadapi kenyataan bahwa kekayaan minyaknya yang melimpah pun memiliki keterbatasan.



Namun, mereka yang akan tiba di Future Investment Initiative (FII)—yang sering dijuluki Davos di padang pasir—tampaknya tidak gentar, merasakan peluang untuk ikut serta dalam pembangunan kembali ekonomi Visi 2030 senilai triliun dolar milik Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

David Solomon dari Goldman Sachs Group Inc, Jane Fraser dari Citigroup Inc, dan Larry Fink dari BlackRock Inc telah menjadi pengunjung tetap di pertemuan puncak Riyadh dan akan kembali tahun ini.

Mencerminkan fokus Arab Saudi pada teknologi dan kecerdasan buatan, mereka akan bergabung dengan nama-nama terkemuka di industri tersebut.

Presiden Alphabet Inc Ruth Porat dan Kepala Eksekutif TikTok Inc Shou Chew akan berbicara di pertemuan puncak tersebut untuk pertama kalinya.

Benjamin Horowitz, pengusaha teknologi dan salah satu pendiri raksasa modal ventura Andreessen Horowitz, juga akan hadir.

Wall Street dan Silicon Valley semakin beralih ke Timur Tengah yang kaya minyak karena likuiditas semakin ketat di belahan dunia lain, terutama China.

Kerajaan Arab Saudi sendiri menguasai hampir USD1 triliun kekayaan negara, meskipun Putra Mahkota Mohammed bin Salman ingin para raksasa industri berhenti menggunakan uang itu di luar negeri dan malah membantu mendukung ambisi domestiknya.

Namun latar belakangnya adalah meningkatnya ketidakpastian.

Kebijakan luar negeri Arab Saudi baru-baru ini difokuskan pada penurunan ketegangan regional dengan harapan bahwa kawasan yang lebih stabil akan mendatangkan modal asing dan pengetahuan teknologi.

Namun, berbagai peristiwa tahun lalu telah menjadi pengingat betapa tidak stabilnya kawasan tersebut.

"Dampak ketidakstabilan regional terhadap prospek investasi asing sepenuhnya negatif, dengan kemungkinan pengecualian pada industri pertahanan," kata Gregory Gause, Profesor Hubungan Internasional di Universitas Texas A&M.

"Modal tidak tertarik ke wilayah konflik, bahkan jika negara tersebut bukan peserta langsung dalam konflik tersebut," ujarnya.

Yang pasti, Arab Saudi masih terus maju dengan rencana pembangunan besarnya.

Kesepakatan senilai lebih dari USD28 miliar kemungkinan akan diumumkan minggu depan oleh para eksekutif dari seluruh dunia, menurut Richard Attias, CEO FII Institute.

Beberapa di antaranya akan difokuskan pada AI (kecerdasan buatan), termasuk kemungkinan dana baru dengan Andreessen Horowitz yang dapat tumbuh hingga sebesar USD40 miliar.

Kerajaan tersebut juga diharapkan mengumumkan perusahaan baru yang akan berinvestasi sedikitnya USD10 miliar untuk menjadikan Arab Saudi sebagai produsen hidrogen global teratas—bahan bakar rendah karbon yang dapat menjadi kunci transisi dunia dari pembakaran bahan bakar fosil.

Menjelang acara tersebut, General Atlantic mengatakan akan membuka kantor pertamanya di Timur Tengah—di Arab Saudi—untuk mencari lebih banyak kesepakatan di kawasan tersebut.

Dua dana yang diperdagangkan di bursa akan melakukan debut perdagangan mereka di Riyadh, memberikan investor Saudi akses ke saham Hong Kong—sebuah cerminan dari hubungan kerajaan yang semakin erat dengan China karena ingin meningkatkan arus investasi dengan mitra dagang terbesarnya.

Sekretaris Keuangan Hong Kong Paul Chan, dan Komisioner untuk Belt and Road, Nicholas Ho, akan berbicara di FII sebagai beberapa pembicara paling terkenal dari Asia.

Namun, konflik regional tidak diragukan lagi membebani sentimen investor global di Timur Tengah.

Arab Saudi, ekonomi Teluk terbesar, merasakan sebagian darinya.

Jumlah dana pasar berkembang yang dikelola secara aktif dengan eksposur Arab Saudi telah meningkat tajam hingga awal tahun ini, tetapi terhenti di sekitar 56% karena ketegangan antara Israel dan Iran meningkat, menurut Copley Fund Research.

Data menunjukkan bahwa jumlah dana yang diinvestasikan di pasar saham Saudi turun sedikit antara Maret dan September tahun ini dan bahwa negara itu adalah yang ketiga terbesar setelah Taiwan dan India.

Ditambah dengan itu, Putra Mahkota Mohammed harus berdamai dengan keterbatasan bahkan sumber daya keuangan Arab Saudi yang besar untuk membayar ambisinya.

Pemerintah, yang diperkirakan akan defisit hingga setidaknya 2027, telah mengatakan beberapa proyek perlu ditunda.

Pada saat yang sama, Dana Investasi Publik (PIF), dana kedaulatan kerajaan yang kuat yang diketuai oleh penguasa de facto, menjadi tempat yang lebih sulit bagi perusahaan asing untuk mendapatkan uang.

Peningkatan fokus pada proyek domestik seperti NEOM senilai USD1,5 triliun telah membuat manajer aset global khawatir bahwa PIF akan memiliki lebih sedikit uang tunai untuk dibelanjakan di luar negeri.

"FII selalu dirancang sebagai mekanisme untuk investasi ke Saudi, namun pada kenyataannya itu telah menjadi peluang bagi para eksekutif asing untuk mendapatkan pembiayaan dari Kerajaan," kata Zaid Belbagi, mitra pengelola konsultan risiko politik Hardcastle Advisory.

"Hotel-hotel yang terjual habis seharga USD500-1000 per malam merupakan indikasi minat internasional yang berkelanjutan."

Penyelenggara acara Riyadh tetap percaya diri, dan sekitar 7.000 orang telah mendaftar untuk menghadiri acara tahun ini.

Angka tersebut lebih tinggi dari angka pada pertemuan puncak tahun lalu, yang berlangsung beberapa hari setelah konflik di kawasan tersebut dimulai.

Ketika ditanya tentang apa yang dibicarakan peserta sebelum acara, Attias dari FII Institute mengatakan bahwa pemilihan umum AS menjadi perhatian utama.

Ada banyak eksekutif yang merasa perkembangan di Timur Tengah bergantung pada hasil pemungutan suara, katanya dalam wawancara televisi Bloomberg pada hari Senin (28/10/2024).

"Meskipun demikian, investor tetap datang terlepas dari apa yang terjadi di dunia," kata Attias. "Pertunjukan harus terus berlanjut."
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)