Duduk Perkara Putra Pendiri Singapura Kabur ke Inggris: Seteru Keluarga Jadi Masalah Negara

Kamis, 24 Oktober 2024 - 08:44 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Singapura mengatakan klaim penganiayaan itu tidak berdasar.

Sedangkan pemerintah Inggris tidak berkomentar.

The Guardian menerbitkan wawancara dengan Lee Hsien Yang pada hari Selasa di mana dia mengkritik keras pemerintah Singapura dan menuduhnya memfasilitasi pencucian uang.

“Dunia perlu melihat lebih dekat, untuk melihat peran Singapura sebagai fasilitator utama untuk perdagangan senjata, untuk uang kotor, untuk uang narkoba, dan untuk uang kripto,” tulis surat kabar itu mengutip ucapannya.

Pemerintah Singapura mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tidak ada dasar untuk tuduhan dalam laporan The Guardian.

"Negara kota ini memiliki sistem yang kuat untuk mencegah dan menangani pencucian uang dan aliran keuangan gelap lainnya, yang konsisten dengan standar internasional," katanya.

Lee Hsien Yang dan saudara perempuannya, Lee Wei Ling, menuduh kakak laki-laki tertua mereka menyalahgunakan kekuasaannya untuk menghentikan mereka menghancurkan rumah keluarga sesuai keinginan ayah mereka, yang meninggal pada tahun 2015 setelah memimpin Singapura selama lebih dari tiga dekade.

Lee Hsien Loong berpendapat bahwa pemerintah harus memutuskan apa yang harus dilakukan dengannya, termasuk kemungkinan mempertahankannya sebagai bangunan bersejarah.

Lee yang lebih tua tetap berada di kabinet dengan jabatan menteri senior, peran yang juga dipegang oleh ayahnya, yang dari tahun 1959 hingga 1990 mengawasi kebangkitan cepat negara kota itu dari daerah terpencil kolonial Inggris menjadi pusat perdagangan dan keuangan global.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0952 seconds (0.1#10.140)