Pelajari Kelemahan Zionis, Iran Kembangkan Jaringan Mata-mata yang Kuat di Israel

Senin, 21 Oktober 2024 - 21:12 WIB
loading...
Pelajari Kelemahan Zionis,...
Israel terus mempelajari kelemahan zionis dengan memperkuat jaringan mata-mata di Israel. Foto/X/@rkmtimes
A A A
TEL AVIV - Polisi Israel mengatakan mereka telah menangkap jaringan mata-mata yang terdiri dari tujuh warga negara Israel yang mengumpulkan informasi tentang pangkalan militer dan infrastruktur energi Israel untuk intelijen Iran.

Badan keamanan internal dan polisi "berhasil membongkar jaringan mata-mata yang melibatkan tujuh warga negara Israel yang beroperasi atas nama intelijen Iran," kata polisi dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan bahwa ketujuh orang tersebut telah ditangkap.

Ketujuh warga Israel tersebut berasal dari kota Haifa dan wilayah utara negara tersebut.

"Jaringan ini terlibat dalam pengumpulan informasi sensitif tentang pangkalan (militer) IDF dan infrastruktur energi," katanya, dilansir Al Arabiya.

Investigasi Israel telah mengungkap bahwa kelompok tersebut melaksanakan beberapa misi di bawah arahan dua agen Iran yang dikenal sebagai "Alkhan dan Orkhan" selama dua tahun, kata polisi.

"Anggota jaringan tersebut menyadari bahwa intelijen yang mereka berikan membahayakan keamanan nasional dan berpotensi membantu serangan rudal musuh," kata polisi.



"Jaringan tersebut melaksanakan misi pengintaian ekstensif di pangkalan IDF di seluruh negeri, dengan fokus pada instalasi angkatan udara dan laut, pelabuhan, lokasi sistem Iron Dome, dan infrastruktur energi seperti pembangkit listrik Hadera," kata polisi.

Ditambahkan pula bahwa kelompok tersebut menerima ratusan ribu dolar untuk pekerjaan tersebut, sering kali melalui pembayaran mata uang kripto.

Pekerjaan tersebut sering kali melibatkan pemotretan dan pendokumentasian lokasi strategis, dengan data yang dikumpulkan diserahkan kepada agen Iran, kata polisi.

"Investigasi tersebut menghasilkan penyitaan sejumlah besar materi yang dikumpulkan oleh anggota jaringan untuk agen Iran," kata seorang pejabat dari badan keamanan internal Israel seperti dikutip dalam pernyataan polisi.

"Ini termasuk foto dan video sejumlah pangkalan IDF di Israel, pelabuhan, dan infrastruktur energi.

"Diperkirakan kegiatan ini telah menimbulkan kerusakan keamanan pada negara."

Anggota kelompok tersebut juga ditugaskan untuk mengumpulkan informasi intelijen tentang beberapa warga negara Israel atas perintah agen Iran, katanya.

Israel saat ini terlibat dalam konflik multi-front dengan kelompok-kelompok yang didukung Iran seperti Hizbullah di Lebanon, Hamas di Gaza, dan Houthi di Yaman.

Israel juga telah berjanji untuk membalas serangan rudal oleh Teheran pada tanggal 1 Oktober.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)