Teheran Ancam Negara-negara Teluk Jika Bantu Israel Serang Iran

Kamis, 10 Oktober 2024 - 07:53 WIB
loading...
Teheran Ancam Negara-negara...
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Teheran ancam negara-negara Teluk jika bantu Israel menyerang Iran. Foto/Kantor Layanan Pers Pemimpin Tertinggi Iran
A A A
TEHERAN - Teheran telah menyampaikan peringatan disertai ancaman kepada negara-negara Teluk jika membantu Israel untuk menyerang Iran.

Dalam peringatannya, Teheran memberi tahu negara-negara Teluk untuk tidak mengizinkan Israel menggunakan wilayah udara mereka atau pangkalan militer mereka untuk menyerang Iran.

Jika itu terjadi, Iran akan merespons. Ancaman tersebut disampaikan seorang pejabat Iran dalam wawancaranya dengan Reuters.

Pejabat itu menambahkan bahwa tindakan apa pun oleh negara-negara Teluk untuk menyeimbangkan pasar minyak jika fasilitas energi Iran diserang oleh Israel belum menjadi bagian dari diskusi sejauh ini.



Komentar ancaman itu muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran atas kemungkinan pembalasan Israel atas serangan ratusan rudal Iran pada 1 Oktober lalu.

Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi pada hari Rabu mengunjungi Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya, termasuk Qatar, untuk berunding.

Diplomasi itu menyusul diskusi antara Iran dan negara-negara Teluk minggu lalu di sela-sela konferensi Asia di Qatar.

Negara-negara Teluk berusaha meyakinkan Iran tentang kenetralan mereka dalam konflik apa pun dengan Israel.

"Iran menegaskan bahwa tindakan apa pun oleh negara Teluk Persia terhadap Teheran, baik melalui penggunaan wilayah udara atau pangkalan militer, akan dianggap oleh Teheran sebagai tindakan yang diambil oleh seluruh kelompok, dan Teheran akan merespons-nya sebagaimana mestinya," kata pejabat senior Iran itu kepada Reuters, yang dilansir Kamis (10/10/2024).

"Pesan ini menekankan perlunya persatuan regional melawan Israel dan pentingnya mengamankan stabilitas," katanya lagi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)