Apakah Indonesia Dapat Terseret Perang Dunia III? Ini Penjelasannya

Senin, 07 Oktober 2024 - 14:03 WIB
loading...
A A A

Potensi Indonesia Terseret dalam Perang Dunia III


Meski potensinya sangat kecil, Indonesia dengan posisi geostrategis yang penting di Asia Tenggara, tetapbisa terdampak oleh konflik berskala global seperti Perang Dunia III.

Namun, kemungkinan Indonesia secara langsung terlibat dalam perang besar seperti itu relatif kecil dibandingkan negara-negara adidaya atau negara-negara yang berada di garis depan konflik.

Dari lima krisis internasional saat ini, konflik di Laut China Selatan yang bisa berdampak pada Indonesia.

Krsisis Laut China Selatan baru-baru ini memanas terkait sengketa wilayah antara China dan Filipina, termasuk beberapa kali antara pasukan Coast Guard kedua negara.

Krisis semakin memanas karena Amerika Serikat mengisyaratkan akan membela Filipina sebagai sekutu perjanjian keamanan-nya. Sistem rudal jarak jauh Typhon Amerika Serikat telah dikerahkan ke Filipina, yang awalnya dengan alasan untuk latihan militer gabungan. Namun, sistem itu dilaporkan belum ditarik AS—yang memicu kemarahan China.

Indonesia tidak terlibat sengketa wilayah Laut China Selatan. Namun, pernah berseteru dengan China karena klaim Beijing atas hampir seluruh wilayah Laut China Selatan ikut menyinggung perairan Natuna Utara milik Indonesia.

Jika konflik antara negara-negara besar di kawasan Laut China Selatan meningkat, Indonesia bisa saja terjebak dalam perselisihan jika wilayah Natuna Utara diusik, meski potensi keterlibatan Indonesia seperti itu sangat kecil.

"Jika ketegangan ini meningkat menjadi konflik terbuka, Indonesia bisa terjebak dalam situasi yang tidak diinginkan,” kata analis keamanan maritime, Nursultan M Rasyid, dalam Journal of Maritime Affairs.

Alasan Indonesia Mustahil Terseret Perang Dunia III

Kebijakan Netralitas


Indonesia secara konsisten menganut kebijakan politik luar negeri yang bebas dan aktif. Ini berarti Indonesia tidak terikat pada blok militer manapun dan berusaha menjaga hubungan baik dengan semua negara. Sampai saat ini, Indonesia juga bagian dari Gerakan Non-Blok.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)