6 Strategi Houthi Menghindari Radar Berteknologi Tinggi Israel

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 23:55 WIB
loading...
6 Strategi Houthi Menghindari...
Houthi mampu mengirimkan rudal balistik yang mampu menghindari radar berteknologi tinggi milik Israel. Foto/Al Manar
A A A
SANAA - Dalam operasi militer yang mengejutkan lainnya, militer Yaman sekali lagi mengungkap ketidakefektifan sistem radar berteknologi tinggi Israel yang banyak digembar-gemborkan dengan menyerang jantung Tel Aviv.

Operasi tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas dengan warga Palestina di Jalur Gaza yang terkepung di tengah perang genosida Israel-Amerika yang sejauh ini telah merenggut nyawa lebih dari 41.200 warga Palestina.

Operasi militer pertama dari jenisnya ini menggarisbawahi kemajuan signifikan dalam kemampuan militer Yaman dan mengungkap kerentanan kritis dalam sistem pertahanan udara Israel yang banyak digembar-gemborkan.

6 Strategi Houthi Menghindari Radar Berteknologi Tinggi Israel

1. Menggunakan Rudal Hipersonik

Melansir Press TV, rudal hipersonik itu ditujukan ke pusat kota Tel Aviv, menyebabkan kerusakan yang meluas, kepanikan, dan kelumpuhan di antara seperempat populasi pemukim ilegal di kota yang diduduki dan di tempat lain.

Rekaman daring menunjukkan kebakaran, gumpalan asap, jalan yang terhalang, dan para pemukim yang panik berlarian mencari perlindungan. Beberapa laporan mengatakan sejumlah pemukim harus dibawa ke rumah sakit untuk perawatan.

Layanan medis darurat Israel mengonfirmasi bahwa sembilan orang terluka di berbagai lokasi di Tel Aviv saat mereka berlarian tak tentu arah setelah sirene serangan udara berbunyi.

2. Mengguncang Penduduk Tel Aviv

Tepat pukul 06:32 waktu setempat, sistem radar peringatan dini Israel mendeteksi ancaman dari sekitar 800 kilometer persegi di bagian tengah entitas tersebut, antara Tel Aviv dan Al-Quds.

Sirene berbunyi serentak di 74 pemukiman, tidak termasuk banyak kota pinggiran dan kota satelit, yang memaksa lebih dari dua juta pemukim di daerah tersebut untuk berlindung.

Daerah sasarannya membentang sekitar 32 km, membentang dari Petah Tikva di utara hingga Kfar Uria di selatan, dan dari Bat Yam di barat hingga Modiin di timur.

Wilayah ini berpusat di antara Bandara Ben Gurion dan kota Lod.

3. Membawa Hulu Ledak MIRV

Zona dampak rudal yang luas menunjukkan bahwa rudal tersebut bermanuver di tengah penerbangan atau membawa hulu ledak MIRV (Multiple Independently Targetable Reentry Vehicle), yang mampu menyerang beberapa target secara bersamaan.

Klaim ini didukung oleh laporan media Israel, yang mengonfirmasi bahwa lokasi yang berbeda, termasuk Hutan Ben Shemen, daerah sekitar Modiin, dan Tel Aviv timur, terkena serangan—meskipun terpisah hingga 25 km.

Sumber militer Yaman kemudian menyatakan bahwa target yang dituju adalah lokasi militer di dekat Jaffa, selatan Tel Aviv.


4. Rudal Menempuh Jarak 2.040 Km dalam 11 Menit

Menurut Brigadir Jenderal Yahya Saree, juru bicara Angkatan Bersenjata Yaman, militer Yaman menyerang target di dekat Tel Aviv dengan rudal balistik hipersonik baru.

"Rudal itu menempuh jarak 2.040 km dalam 11 setengah menit, menyebabkan kepanikan di kalangan Zionis, dengan lebih dari dua juta orang mencari perlindungan untuk pertama kalinya dalam sejarah musuh Israel," kata Saree dalam sebuah pernyataan beberapa jam setelah operasi militer.

Rincian ini menunjukkan penerbangan hipersonik (di atas Mach 5), dengan kecepatan rata-rata Mach 8,6, kemungkinan bahkan lebih cepat saat turun.

Radio militer Israel melaporkan bahwa rudal itu membutuhkan waktu "sekitar 15 menit" untuk menempuh jarak tersebut, dengan kecepatan rata-rata Mach 6,6, yang selanjutnya mengonfirmasi klaim Yaman bahwa itu adalah senjata hipersonik.

Sumber-sumber Yaman tidak menyebutkan nama atau jenis rudal tersebut, sehingga tidak jelas apakah itu salah satu rudal hipersonik yang diluncurkan pada bulan Maret dan Juni.

5. Houthi Memiliki Rudal dengan Kecepatan Mach 8

Melansir Press TV, pada bulan Maret, Yaman memamerkan rudal hipersonik besar dengan jangkauan tersirat yang jauh, sementara pada bulan Juni, mereka memperkenalkan rudal hipersonik berbahan bakar padat bernama "Palestina," yang dilaporkan mampu mencapai kecepatan hingga Mach 8.

Kedua rudal tersebut memiliki nosel yang dapat digerakkan, yang memungkinkan manuver di tengah penerbangan—kemungkinan alasan radar Israel menjadi bingung, yang menyebabkan alarm yang meluas.

6. Sistem Pertahanan Udara Israel Fokus pada Rudal Jarak Pendek

Dalam serangkaian pernyataan yang saling bertentangan, sumber militer Israel awalnya mengklaim bahwa rudal Yaman "hancur di udara" di atas wilayah yang diduduki, dan bahwa lokasi yang terkena dampak terkena "pecahan peluru."

Lebih jauh, mereka melaporkan bahwa mereka telah melakukan "beberapa upaya" untuk menembak jatuh rudal Yaman dengan sistem pertahanan udara Arrow jarak jauh dan sistem Iron Dome jarak pendek, tetapi "hasil dari upaya tersebut masih diselidiki."

Dengan kata lain, upaya intersepsi tidak berhasil, khususnya untuk sistem Arrow, yang dirancang untuk menembak jatuh rudal jauh melampaui batas wilayah yang diduduki.

Bahkan jika klaim disintegrasi di udara akurat, klaim tersebut menyiratkan bahwa rudal memasuki wilayah udara Israel dalam keadaan berfungsi, yang berarti sistem Arrow gagal dalam upaya intersepsinya.

Kegagalan ini bahkan lebih signifikan mengingat miliaran dolar yang diinvestasikan dalam pengembangan bersama AS-Israel atas sistem Arrow selama 25 tahun terakhir.

Sistem tersebut sebelumnya disebut-sebut sebagai "99% efektif", tetapi gagal memberikan hasil.

Sistem Iron Dome jarak pendek tidak lebih baik. Menurut pejabat Israel, sistem itu "mencegat pecahan peluru," tetapi kemungkinan besar sistem itu merespons beberapa hulu ledak aktif, mengingat kerusakan infrastruktur yang didokumentasikan dalam foto.

Sebelumnya, Iron Dome telah kewalahan oleh salvo rudal berbiaya rendah, dan kejadian terbaru ini menunjukkan bahwa satu rudal dengan muatan MIRV—atau bahkan pecahan pelurunya—dapat menyebabkan masalah serupa.

Menurut Saree, rudal hipersonik baru itu "berhasil mencapai targetnya, dan sistem pertahanan musuh gagal mencegat atau menghadapinya."

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0689 seconds (0.1#10.140)