Netanyahu Dituding Pasang Alat Penyadap di Toilet Mantan PM Inggris Boris Johnson

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 09:15 WIB
loading...
A A A
Selain itu, Arnon Milchan, seorang produser Hollywood, mengaku sebagai mata-mata Israel pada tahun 1970-an dan 1980-an, membantu memperoleh teknologi untuk program senjata nuklir Israel.

Meskipun tidak terkait langsung dengan Israel, kasus orang Yahudi-Amerika, Julius dan Ethel Rosenberg, relevan dengan sejarah spionase yang lebih luas yang melibatkan rahasia AS.

Keluarga Rosenberg dihukum karena membocorkan rahasia bom atom ke Uni Soviet selama Perang Dingin, tindakan yang secara signifikan memajukan kemampuan nuklir Soviet.

Kasus keluarga Rosenberg sering disebut sebagai salah satu contoh spionase paling terkenal selama Perang Dingin dan mengakibatkan eksekusi mereka pada tahun 1953.

Pada tahun 2016, intelijen Inggris melabeli Israel sebagai "ancaman nyata" bagi keamanan Timur Tengah.

Pengungkapan tersebut dilaporkan oleh surat kabar Prancis, Le Monde, berdasarkan dokumen rahasia yang diperoleh whistleblower, Edward Snowden.

Kasus terbaru dugaan spionase yang menargetkan Johnson telah memicu perbincangan tentang apakah Israel adalah sekutu sejati negara-negara Barat.

Khususnya, setelah Perang Dunia II, ekstremisme Zionis menjadi musuh terbesar mata-mata Inggris, seperti yang terungkap dalam satu artikel oleh majalah Foreign Policy.

Perdana Menteri Inggris, Clement Atlee, termasuk di antara target pembunuhan seperti halnya Menteri Luar Negeri, Ernest Bevin, yang dianggap pada tahun 1946 sebagai hambatan utama bagi pembentukan negara Yahudi di Timur Tengah.

Daftar incaran Stern Gang mencakup direktur jenderal baru MI5, Sir Percy Sillitoe, yang memperingatkan Atlee bahwa "kampanye pembunuhan di Inggris harus dianggap sebagai kemungkinan nyata".
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0672 seconds (0.1#10.140)