alexametrics

Antisipasi Topan Kammuri, Bandara Internasional Manila Ditutup

loading...
Antisipasi Topan Kammuri, Bandara Internasional Manila Ditutup
Topan Kammuri. FOTO/The News
A+ A-
MANILA - Topan Kammuri diperkirakan akan menerjang ibukota Filipina, Manila pada Senin (2/12) malam atau Selasa (3/12) pagi. Selanjutnya, topan yang disertai angin kencang hingga 230km/jam itu diprediksi akan bergerak ke arah selatan ibukota.

Sebagai langkah antisipasi, pihak berwenang memerintahkan penutupan sementara Bandara Internasional Manila. "Berdasarkan perkiraan kami, (bandara) itu akan ditutup sejak pukul 11 pagi hingga 11 malam, 3 Desember," kata Ed Monreal, Manajer Umum Otoritas Bandara Manila, seperti dikutip dari Reuters.

Pembukaan kembali bandara akan tergantung pada kekuatan topan. Ketika operasional penerbangan dilanjutkan, penerbangan terjadwal akan diprioritaskan. Kemudian diikuti oleh penerbangan pemulihan yang telah mendapat persetujuan sebelumnya dari otoritas bandara.



Singapore Airlines, All Nippon Airways, dan Japan Airlines menyatakan, jadwal penerbangan mereka akan terpengaruh oleh penangguhan tersebut. Saat ini Manila tengah menjadi tuan rumah SEA Games XXX. Ribuan atlet dan official dari negara-negara ASEAN tengah berkumpul di Filipina untuk mengikuti ajang ini, yang kemungkinan besar akan terdampak topan Kammuri.

Hingga kini hampir 70 ribu orang telah meninggalkan rumah mereka di wilayah Bicol, yang diperkirakan menjadi wilayah pertama yang diterjang topan Kammuri. "Angin menderu. Atap rumah robek dan saya melihat satu atap beterbangan," kata warga setempat, Gladys Castillo Vidal kepada AFP.

Tetapi, beberapa warga memilih tetap bertahan, meski kekuatan badai mulai menghantam. "Kami memutuskan untuk tetap tinggal, karena rumah kami terbuat dari beton dua lantai. Semoga bisa bertahan terhadap badai," kata Vidal.

Menurut sebuah buletin yang dikeluarkan oleh Biro Cuaca Negara bagian Filipina, PAGASA, bola mata selatan Topan Kammuri, yang dikenal secara lokal sebagai Topan Tisoy, sekarang membawa "hujan deras dan angin kencang".

“Hujan deras, hingga deras terus menerus diperkirakan terjadi di Metro Manila dan Luzon tengah, sejak pagi hingga sore hari Selasa,” kata PAGASA. Biro cuaca juga memperingatkan tentang tanah longsor yang disebabkan hujan dan kemungkinan tinggi gelombang melonjak hingga 3m, yang dapat menghantam wilayah pesisir di timur negara itu.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak