Inilah 3 Negara yang akan Mendukung Rusia jika Perang Dunia III Terjadi

Rabu, 25 September 2024 - 14:45 WIB
loading...
A A A

2. Korea Utara


Hubungan antara Rusia dan Korea Utara telah menguat dalam beberapa tahun terakhir, dengan Kim menandatangani perjanjian pertahanan bersama dengan Presiden Rusia Vladimir Putin ketika ia melakukan kunjungan langka ke Pyongyang pada bulan Juni tahun ini.

Kedua negara juga telah membuat komitmen untuk saling membantu jika terjadi agresi terhadap salah satu negara.

Rusia menganggap "sangat penting" untuk memperkuat hubungan Rusia-Korea di semua bidang, kata Putin, seraya mencatat bahwa pada tahun 2023 omzet perdagangan antara kedua negara meningkat sembilan kali lipat, dan selama lima bulan tahun ini meningkat sebesar 54%.

Rusia dan Korea menjalankan kebijakan luar negeri yang independen dan tidak menerima "bahasa pemerasan dan dikte," menentang "sanksi dan pembatasan yang bermotif politik, yang merusak sistem politik dan ekonomi global," tegas Putin.

3. Iran


Bisa dibilang jika Iran merupakan salah satu sekutu terdekat Rusia, dimana kedua negara telah semakin memperdalam kerja sama militer dan politik. Hal ini semakin jelas ketika Teheran secara resmi menjadi anggota BRICS.

Pada bulan Februari 2022, Reuters juga melaporkan bahwa Teheran mengirim "sejumlah besar rudal balistik permukaan-ke-permukaan yang kuat" untuk membantu invasi Moskow.

Diketahui juga jika sebagian besar pasokan senjata Iran didatangkan dari Moskow. Pasokan senjata inilah yang nantinya dikirimkan ke berbagai poros mereka di Timur Tengah.

Jika nantinya Rusia terjun langsung dalam konflik di Timur Tengah yang sedang berkecamuk ini, sudah dipastikan jika Perang Dunia III akan semakin dekat.

(sya)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)