Rusia akan Kembalikan Kapal AL Ukraina yang Disita

Senin, 18 November 2019 - 02:05 WIB
Rusia akan Kembalikan Kapal AL Ukraina yang Disita
Rusia akan Kembalikan Kapal AL Ukraina yang Disita
A A A
MOSKOW - Rusia akan mengembalikan kapal-kapal Angkatan Laut Ukraina yang disita setahun yang lalu. Pengembalian ini akan dilakukan pada Senin (18/11). Langkah ini diambil Rusia ketika mereka sedang mempersiapkan KTT untuk mencoba menyelesaikan konflik yang lebih luas antara kedua negara.

"Sesuai dengan perjanjian yang disimpulkan dengan pihak Ukraina, tiga kapal Ukraina sedang ditarik dari pelabuhan Kerch ke titik transfer yang disetujui," kata seorang pejabat Penjaga Perbatasan dengan Dinas Rahasia Rusia kepada kantor berita Interfax, Minggu (17/11).

Moskow menyita dua kapal perang Ukraina dan sebuah kapal penarik pada November tahun lalu, ketika kapal-kapal itu tengah melalui Selat Kerch, sebuah jalur air sempit yang memberi akses ke Laut Azov yang digunakan oleh Ukraina dan Rusia.

Sebelumnya, 24 pelaut Ukraina yang ditahan pada saat itu, telah dikembalikan ke Ukraina pada bulan September. Tindakan ini dilakukan sebagai bagian dari pertukaran dengan Rusia.

Sementara pada hari Jumat (15/11), kantor kepresidenan Perancis mengumumkan pertemuan puncak yang melibatkan Perancis, Jerman, Rusia, dan Ukraina di Paris pada 9 Desember. Pertemuani ini digelar untuk membahas cara menyelesaikan konflik yang lebih luas di Ukraina timur.

“KTT itu dimungkinkan oleh "kemajuan besar" yang terjadi, sejak Volodymyr Zelenskyy terpilih sebagai presiden Ukraina pada akhir April,” sebut pernyataan Kantor Kepresidenan Prancis.

Sejak menduduki kursi Presiden Ukraina, Zelenskyy telah berusaha menghidupkan kembali proses perdamaian untuk mengakhiri konflik separatis berusia lima tahun di Ukraina timur, yang telah menewaskan 13.000 orang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4487 seconds (0.1#10.140)