Mengapa AS Tampak Sangat Menolak Mencari Tahu Dalang Bom Pager di Lebanon?

Jum'at, 20 September 2024 - 20:45 WIB
loading...
Mengapa AS Tampak Sangat...
Tentara dan petugas pemadam kebakaran Lebanon berkumpul di luar toko ponsel setelah apa yang diyakini sebagai akibat dari walkie-talkie yang meledak di dalamnya, di kota pelabuhan selatan Sidon, Lebanon, Rabu, 18 September 2024. Foto/AP/Mohammed Zaatari
A A A
WASHINGTON - Pada Selasa (17/9/2024), juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Matthew Miller mengatakan dalam jumpa pers bahwa Amerika Serikat tidak mengetahui sebelumnya tentang serangan pager Israel terhadap Lebanon.

Dia juga mengklaim Amerika Serikat mengumpulkan informasi tentang serangan itu "dengan cara yang sama seperti yang dilakukan wartawan di seluruh dunia," meskipun Amerika Serikat memiliki hubungan dekat dengan Israel.

Serangan bom pager di Lebanon dan serangan berikutnya yang menggunakan walkie-talkie, telepon, dan stasiun tenaga surya, telah menimbulkan pertanyaan tentang keamanan jalur pasokan di seluruh dunia.

Meski pernyataan Miller yang tidak masuk akal bahwa Amerika Serikat harus mengumpulkan informasi dengan cara yang sama seperti yang dilakukan wartawan tampak menggelikan, wartawan yang sebenarnya justru mengabaikan dugaan pengumpulan fakta oleh komunitas intelijen AS.

Jurnal telah mengungkapkan pager tersebut diberi merek oleh perusahaan Taiwan bernama Apollo, yang kemudian menyalahkan perusahaan Hungaria, dengan mengatakan perusahaan tersebut hanya memberikan lisensi logonya kepada perusahaan tersebut.

Namun, tampaknya perusahaan itu adalah perusahaan cangkang, mungkin bertindak sebagai perantara untuk perusahaan Bulgaria bernama Norta Global.

Hal itu juga telah terungkap melalui pernyataan dari Hizbullah bahwa perangkat itu tertunda selama tiga bulan dalam perjalanan, di mana mereka menduga Israel mencegat dan menanamkan bahan peledak di perangkat itu.

Laporan juga menyatakan Israel meledakkan perangkat itu karena mereka yakin para pejuang Hizbullah mulai menyadari ada sesuatu yang tidak beres pada perangkat itu.

Sebaliknya, pada Kamis, Miller menolak memberikan rincian lebih lanjut tentang serangan itu, hanya menyangkal keterlibatan AS.

Pada Rabu, Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin mengadakan panggilan telepon dengan menhan Israel di mana dilaporkan mereka "membahas situasi di Lebanon dan Gaza" tetapi tampaknya tidak ada yang dapat dibagikan Miller kepada publik.

"Mengapa tidak ada seorang pun dari pemerintah kita yang bertanya kepada orang Israel?" ujar Jurnalis Suriah-Amerika untuk The Gray Zone Hekmat Aboukhater pada Political Misfits milik Sputnik pada Kamis.

Dia menjelaskan, “Apakah kita tahu apakah ada warga negara kita, yang banyak tinggal di Lebanon, yang banyak tinggal di wilayah tersebut, yang menggunakan pager?”

Namun, media AS melaporkan, mengutip pejabat intelijen anonim bahwa Israel telah “memberi tahu Washington tentang rincian (serangan) setelah operasi melalui saluran intelijen.”

Namun, informasi itu, tampaknya, bukan untuk ratusan juta orang Amerika yang membawa perangkat yang dapat digunakan dengan cara yang sama seperti pager dan perangkat lain yang digunakan di Lebanon.

Sebaliknya, seperti yang terjadi pada banyak tindakan Israel sejak 7 Oktober, AS telah menutup mata dan telinganya terhadap situasi tersebut, masih menolak mengatakan apakah mereka mencurigai Israel berada di balik serangan tersebut.

Ketika ditanya pada Kamis apakah AS berharap penyelidikannya akan mengarah pada atribusi publik atas serangan tersebut, Miller menolak untuk mengatakannya.

“Kami terus mengumpulkan informasi karena sejumlah alasan, saya tidak akan berbicara kepada mereka secara terbuka,” ujar Miller.

"Bandingkan dan bedakan itu dengan kepanikan luar biasa pada tahun 2001 terhadap ancaman antraks, di mana seluruh sistem pengiriman dan sistem pengiriman surat di Amerika Serikat harus dihentikan hanya karena dua atau tiga surat yang diduga mengandung antraks," papar Aboukhater.

Aboukhater menjelaskan, "Kita memiliki situasi di sini di mana ribuan orang Amerika, berpotensi, dan sekutu Amerika dapat menggunakan perangkat yang hingga hari ini masih dicampur dengan bahan peledak."

Amerika Serikat juga tidak ragu-ragu menyalahkan situasi itu, pertama-tama menyalahkan serangan terhadap Irak, kemudian pada seorang ilmuwan, dan kemudian pada ilmuwan lain yang, konon, bunuh diri setelah dituduh.

Namun, ada keraguan signifikan tentang bukti yang menghubungkan serangan terhadap tersangka itu, tetapi AS menganggap masalah itu selesai.

"Tetapi, untuk beberapa alasan, kita memiliki (Miller) yang keluar dan mengatakan kita akan memperlakukan ini seperti jurnalis investigasi," seru Aboukhater.

Aboukhater menjelaskan, "Kita, Amerika Serikat, negara dengan mata di mana-mana, dengan operasi intelijen paling unggul di seluruh dunia, kita akan memperlakukan ini seperti jurnalis."

Selama siaran System Update-nya pada Selasa, jurnalis Glenn Greenwald menyebut komentar Miller "sangat menipu."

"Pemerintah AS adalah pemerintah yang diandalkan Israel untuk pendanaan mereka, untuk pembayaran militer mereka, dan untuk persenjataan perang mereka. Jelas, pemerintah AS memiliki cara yang mudah, langsung, dan segera untuk mencari tahu 'apa yang terjadi' di sini dan siapa yang bertanggung jawab dengan mengangkat telepon dan menelepon orang Israel dan menuntut mereka menjelaskan kepada mereka apa yang telah mereka lakukan," tegas Greenwald.

Pada Kamis, Miller kembali menegaskan AS tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang serangan pertama, tetapi menolak mengatakan apakah telah diberitahu tentang serangan kedua keesokan harinya.

"Kami tidak terlibat dalam operasi itu dalam bentuk atau cara apa pun, dan saya akan berhenti di situ," ungkap Miller.

Ketika reporter meminta klarifikasi apakah jawaban itu berarti AS tidak mengetahui atau jika dia tidak akan mengatakan apakah AS memiliki pengetahuan sebelumnya tentang serangan kedua, Miller lagi-lagi hanya akan mengatakan bahwa AS "tidak terlibat."

Salah satu alasan AS mungkin ragu untuk mengatakan apa yang diketahuinya tentang serangan itu adalah karena dia menggunakan metode yang sangat mirip dalam apa yang disebut operasi keamanannya.

Pada tahun 2013, Der Spiegel mengungkapkan dokumen internal NSA bahwa badan tersebut–bersama dengan CIA dan FBI–secara rutin dan diam-diam menyadap laptop dan perangkat elektronik lainnya untuk menanamkan alat penyadap di dalamnya sebelum mencapai tujuan.

Telah banyak spekulasi bahwa Israel melakukan sesuatu yang mirip dengan pager dan perangkat lain di Lebanon, hanya saja mereka menanamkan bahan peledak sebagai gantinya.

Pertanyaan yang paling banyak diajukan adalah: di mana dan kapan ini terjadi. "Karena pemahaman saya sendiri tentang bagaimana Israel bekerja di wilayah tersebut dan siapa sekutunya dan boneka Kekaisaran Amerika Serikat, (saya) akan menunjuk jari saya ke UEA, (saya) akan menunjuk jari saya ke Arab Saudi," ungkap Aboukhater.

Dia menekankan, “Dan (saya) akan mempertanyakan area-area yang berpotensi menjadi tempat dipasang dan diberi bahan peledak.”

Pada Rabu, Penasihat Komunikasi Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby ditanya apakah warga Amerika yang memiliki pager ini perlu khawatir.

Kirby hanya mengatakan dia “tidak punya hal lain untuk ditambahkan” tentang serangan tersebut.

Pada Kamis, sekelompok pakar hak asasi manusia PBB menyebut serangan tersebut sebagai pelanggaran hukum humaniter, dengan menyatakan itu adalah serangan tanpa pandang bulu yang juga melanggar hukum internasional terhadap jebakan peledak yang disamarkan sebagai alat yang tidak berbahaya.

“(Israel) tahu bahwa orang-orang yang membawa pager ini akan menyetir mobil di jalan, pergi ke toko kelontong, berjalan bersama anak-anak. Mereka tahu itu yang terjadi dan mereka, terlepas dari semua itu, secara langsung menyerang penduduk sipil,” ungkap aktivis dan pembawa acara podcast Misty Winston mengatakan kepada The Critical Hour milik Sputnik.

Dia menegaskan, “Cara mereka melakukan ini adalah hal yang sangat mengerikan. Saya pikir kita semua memandang barang elektronik kita sedikit berbeda saat ini.”

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)