Putin: Untuk Kalahkan Ukraina, Rusia Tingkatkan Produksi Drone Perang hingga 10 Kali Lipat

Kamis, 19 September 2024 - 21:50 WIB
loading...
Putin: Untuk Kalahkan...
Rusia tingkatkan produksi drone hingga 10 kali lipat. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia meningkatkan produksi pesawat nirawak sekitar sepuluh kali lipat menjadi hampir 1,4 juta tahun ini untuk memastikan angkatan bersenjata Rusia meraih kemenangan di Ukraina.

“Secara total, sekitar 140.000 kendaraan udara nirawak dari berbagai jenis dikirimkan ke angkatan bersenjata pada tahun 2023,” kata Putin, dilansir Al Jazeera. “Tahun ini, produksi pesawat nirawak direncanakan akan meningkat secara signifikan. Lebih tepatnya, hampir 10 kali lipat.”

“Siapa pun yang bereaksi lebih cepat terhadap tuntutan ini di medan perang, dialah pemenangnya,” kata Putin dalam sebuah pertemuan di St Petersburg tentang pengembangan produksi pesawat nirawak.

Sejak Rusia mengirim puluhan ribu tentara ke Ukraina pada Februari 2022, perang tersebut sebagian besar merupakan kisah tentang serangan artileri dan pesawat nirawak yang gencar di sepanjang garis depan sepanjang 1.000 km (620 mil) yang dijaga ketat yang melibatkan ratusan ribu tentara.

Baik Rusia maupun Ukraina telah membeli pesawat nirawak dari luar negeri dan meningkatkan produksi mereka sendiri untuk berbagai target - mulai dari menghancurkan artileri dan persenjataan hingga menyerang infrastruktur energi dan kapal perang.

Rusia telah merebut dua desa di wilayah Kursk barat, kata seorang komandan senior, saat pasukan Rusia maju melawan ribuan pasukan Ukraina yang menerobos perbatasan Rusia bulan lalu.



Ukraina pada 6 Agustus melancarkan serangan asing terbesar terhadap Rusia sejak Perang Dunia Kedua, menerobos perbatasan ke wilayah Kursk barat yang didukung oleh kawanan pesawat nirawak dan persenjataan berat, termasuk senjata buatan Barat.

Mayor Jenderal Apti Alaudinov, komandan pasukan khusus Akhmat Chechnya dan wakil kepala departemen militer-politik kementerian pertahanan Rusia, mengatakan bahwa Rusia telah merebut Nikolayevo-Darino dan Darino.

Desa-desa tersebut berjarak sekitar 15 km (9 mil) dari bekas garis depan yang didirikan oleh pasukan Ukraina pada bulan Agustus - dan memberi pasukan Rusia posisi untuk menyerang Sverdlikovo yang selama ini digunakan pasukan Ukraina sebagai pusat logistik.

"Seluruh garis depan kami telah bergerak maju," kata Alaudinov, seraya menambahkan bahwa pasukan Rusia juga bergerak maju di Ukraina timur.

Rusia, yang mengirim puluhan ribu pasukan ke Ukraina pada tahun 2022, memulai serangan balik besar-besaran terhadap pasukan Ukraina awal bulan ini dari sebelah barat sebidang tanah yang mereka rebut.

Ukraina telah berusaha menerobos perbatasan Rusia di tempat lain di sebelah timur pasukan Rusia yang bergerak maju dalam upaya untuk mengalihkan pasukan dari serangan utama di sana, menurut kementerian pertahanan Rusia.

Rusia, yang menguasai sekitar 18 persen wilayah Ukraina, juga telah maju di Ukraina timur - dan merebut kota Ukrainsk pada hari Selasa.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)