Teknologi Sudah Makin Maju, Mengapa Hizbullah Masih Memakai Pager?

Rabu, 18 September 2024 - 16:48 WIB
loading...
Teknologi Sudah Makin...
Hizbullah masih menggunakan pager sebagai alat teknologi untuki berkomunikasi. Foto/AP
A A A
BEIRUT - Ledakan pager di Lebanon menyoroti kesenjangan teknologi antara Hizbullah yang didukung Iran dan Israel.

Menurut Markram Rabah, seorang profesor di Universitas Amerika di Beirut, Lebanon, berpendapat bahwa meskipun Hizbullah mengandalkan teknologi lama, Israel telah menggunakan cara canggih untuk melancarkan perang psikologis terhadap Hizbullah dan para pendukungnya.

Ledakan yang menargetkan basis pertahanan Hizbullah di Lebanon itu menewaskan delapan orang dan melukai lebih dari 2.750 orang, termasuk banyak pejuang Hizbullah. Rabah menekankan bahwa serangan itu merupakan pesan dari Israel, yang mengisyaratkan bahwa bahkan sistem komunikasi berteknologi rendah milik Hizbullah dapat dijadikan senjata untuk melawan mereka.

Israel belum mengklaim bertanggung jawab atas ledakan itu.

Rabah menggambarkan serangan itu seperti "film mata-mata Hollywood," yang menggarisbawahi sejauh mana Israel telah berhasil mengubah perangkat berteknologi rendah menjadi senjata mematikan.

Melansir Al Arabiya, ledakan itu menandai pelanggaran keamanan yang signifikan bagi Hizbullah, yang telah bersumpah untuk membalas, menyebut ledakan itu sebagai "agresi Israel."

Rabah menunjukkan bahwa meskipun Hizbullah mencoba menunjukkan kekuatan, keterbatasan teknologinya membuatnya rentan. Ia membingkai peristiwa itu sebagai pengingat yang jelas bagi para pendukung Hizbullah bahwa konsekuensi dari keberpihakan mereka dengan kelompok itu semakin mengerikan.



Sementara itu, melansir Al Jazeera, pager adalah perangkat komunikasi kecil yang umum digunakan sebelum telepon seluler tersebar luas.

Pager lebih sulit dipantau dibandingkan dengan telepon biasa, sehingga populer di kalangan kelompok seperti Hizbullah yang mengutamakan mobilitas dan keamanan.

Pada bulan Februari, pemimpin kelompok tersebut Hassan Nasrallah memerintahkan para anggotanya untuk berhenti menggunakan telepon seluler, dengan peringatan bahwa mereka dapat dilacak oleh tentara Israel.

Peringatan tersebut disampaikan di tengah serangkaian serangan presisi yang menargetkan para anggota kelompok tersebut.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0744 seconds (0.1#10.140)