alexametrics

Korsel: AS Terus Bujuk Korut Kembali ke Meja Perundingan

loading...
Korsel: AS Terus Bujuk Korut Kembali ke Meja Perundingan
Korea Selatan (Korsel) menyatakan, Amerika Serikat (AS) sangat aktif berusaha membujuk Korea Utara (Korut) untuk kembali ke perundingan. Foto/Reuters
A+ A-
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) menyatakan, Amerika Serikat (AS) sangat aktif berusaha membujuk Korea Utara (Korut) untuk kembali ke perundingan. Pembicaraan terakhir AS dan Korut di Swedia beberapa waktu berujung buruk, dengan Pyongyang memberikan waktu hingga akhir tahun bagi Washington untuk mengubah kebijakannya jika ingin pembicaraan berlanjut.

"AS sangat aktif berusaha membujuk Korut untuk kembali ke perundingan. Selain itu, kami menganggap tenggat waktu Korut sangat serius," kata penasihat keamanan nasional Korsel, Chung Eui-yong, seperti dilansir Reuters pada Minggu (10/11/2019).

Sementara itu, Korut sebelumnya menyatakan jendela peluang untuk normalisasi hubungan dengan AS semakin mengecil.



"Kami telah memberi AS waktu sangat banyak dan kami menunggu jawaban hingga akhir tahun ini, beberapa hasil baik. Tapi, saya harus katakan bahwa jendela peluang tertutup setiap hari," ungkap Jo Chol-su, kepala Departemen Amerika Utara Kementerian Luar Negeri Korut.

Korut juga telah mengecam Washington atas rencana melakukan latihan militer bersama dengan Korsel bulan depan. AS dan Korsel membatalkan latihan udara gabungan Vigilant Ace dengan beberapa latihan gabungan lainnya tahun lalu di tengah mencairnya diplomatik cepat dengan Korut.

Tetapi, juru bicara Pentagon David Eastburn mengatakan, AS tidak memiliki rencana untuk melewatkan latihan gabungan mendatang tahun ini.

Seorang pejabat senior Korut mengatakan, pengumuman itu setara deklarasi konfrontasi yang dapat membahayakan proses diplomatik.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak