China Uji Coba Jet Tempur Misterius dari Kapal Induk Liaoning, Diduga Pesaing F-35 AS

Minggu, 15 September 2024 - 14:42 WIB
loading...
A A A
Analis militer telah lama menyatakan bahwa Fujian akan menjadi tuan rumah bagi jet tempur berbasis kapal induk J-35 generasi berikutnya karena menggunakan ketapel alih-alih landasan “lompatan ski” untuk lepas landas pesawat.

Namun, jika pesawat tempur yang baru-baru ini diuji itu dipastikan sebagai J-35, kemungkinan besar akan dikerahkan pada ketiga kapal induk PLAN. Pengembangan J-35 China, jet tempur generasi kelima keduanya, telah menarik perhatian signifikan karena berupaya meningkatkan kemampuan kapal induknya.

J-35, yang dibuat oleh Shenyang Aircraft Corporation, diposisikan sebagai padanan China untuk Lockheed Martin F-35Amerika Serikat (AS)dan secara khusus dirancang untuk digunakan pada kapal induk.

Pada tahun 2012, J-35 awalnya ditampilkan sebagai model skala di Pameran Udara Zhuhai. Sejak saat itu, pesawat tersebut telah menjalani fase pengembangan dan prototipe yang ketat.

Gambar yang dirilis pada bulan Februari menunjukkan bahwa jet tersebut telah mendekati tahap pengujian kritis, yang meningkatkan harapan untuk penggabungannya dengan Angkatan Udara PLA. Hal ini selanjutnya memunculkan spekulasi bahwa J-35 mungkin telah diuji.

Ketika J-35 muncul di atas Liaoning, Collin Koh, seorang peneliti senior di Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam di Singapura, mengemukakan: "Salah satu penilaian paling lugas adalah bahwa Liaoning, yang telah lama ditetapkan sebagai tempat uji coba kemampuan kapal induk PLA, sedang melakukan eksperimen pada J-35 sebagai jet tempur yang layak untuk dibawa ke kapal induk."

Beberapa pakar China telah menyatakan bahwa J-15 akan terus bertugas dalam kelompok kapal induk, menggunakan kapasitas muatannya yang besar untuk misi antikapal dan serang, sementara J-35 akan berkonsentrasi pada superioritas udara dan menerobos pertahanan musuh.

Selain itu, karena ukurannya yang sedang, akan ada lebih banyak J-35 di kapal induk daripada J-15 yang lebih besar, yang akan meningkatkan fleksibilitas operasionalnya.

Kombinasi J-35 dan J-15 diproyeksikan akan meningkatkan kemampuan kapal induk China secara signifikan. Kemajuan ini menggarisbawahi langkah-langkah China dalam penerbangan Angkatan Laut dan perannya yang terus berkembang dalam dinamika keamanan maritim, terutama karena AS memiliki armada besar pesawat tempur siluman F-35 berbasis kapal induk serta F/A-18 Super Hornet yang berpengalaman.

Dokumenter yang dirilis pada 13 September itu juga menampilkan rekaman dari Fujian, kapal induk ketiga dan tercanggih China, selama uji coba laut pada bulan Mei. Dokumenter itu tidak menampilkan peluncuran jet tempur sungguhan, melainkan simulasi skenario peluncuran yang memanfaatkan sistem ketapel elektromagnetiknya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)