Kabut Asap Parah, Sekolah di New Delhi Tutup Hingga 5 November

Jum'at, 01 November 2019 - 19:54 WIB
Kabut Asap Parah, Sekolah di New Delhi Tutup Hingga 5 November
Kabut Asap Parah, Sekolah di New Delhi Tutup Hingga 5 November
A A A
NEW DELHI - Sekolah-sekolah di ibu kota India, New Delhi, tutup hingga 5 November saat kabut asap memburuk di hari ketiga berturut-turut.

"Saat api yang membakar sisa panen pertanian di wilayah sekitar New Delhi mengirim asap tebal ke ibu kota, kepala menteri Arvind Kejriwal memerintahkan sekolah untuk tutup," papar pernyataan pemerintah New Delhi, dilansir Reuters.

Pada Jumat (1/11), tim lingkungan yang ditunjuk pemerintah mendeklarasikan polusi udara New Delhi sebagai darurat kesehatan publik. Deklarasi itu berdasarkan surat dari Otoritas Kontrol Polusi Lingkungan.

"Ini darurat kesehatan publik saat polusi udara sekarang berbahaya dan akan memiliki dampak buruk pada kesehatan serta pada semua anak," papar kantor berita ANI mengutip surat dari badan lingkungan itu.

Polusi udara mencapai level 500 di beberapa bagian ibu kota, nilai maksimal yang pernah dicatat oleh Badan Kontrol Pusat Polusi.

Indeks polusi itu mengukur level PM 2,5, partikel terkecil yang dapat masuk dalam paru-paru. Level di atas 400 menunjukkan kondisi parah yang dapat membuat warga dengan paru-paru sehat terkena penyakit pernapasan.

Pemerintah juga akan membatasi jumlah kendaraan pribadi di ibu kota mulai pekan depan berdasarkan program ganjil genap plat nomor mobil.
(sfn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4031 seconds (0.1#10.140)