Dikenal Habisi Osama bin Laden, Pasukan Khusus AS Ini Berlatih Melawan China

Jum'at, 13 September 2024 - 09:48 WIB
loading...
Dikenal Habisi Osama...
SEAL Team 6, unit pasukan khusus Angkatan Laut AS yang terkenal setelah membunuh Osama bin Laden, sekarang berlatih untuk melawan China. Foto/Matt Veasey
A A A
WASHINGTON - Unit pasukan khusus Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), SEAL Team 6, telah berlatih untuk membantu Taiwan jika terjadi invasi China.

Unit elite terkenal karena misi tahun 2011 yang menewaskan pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden di Pakistan.

"SEAL Team 6 telah merencanakan dan berlatih untuk konflik Taiwan selama lebih dari setahun di Dam Neck, markas besarnya di Virginia Beach sekitar 250 km di tenggara Washington,” tulis Financial Times dalam laporannya pada hari Kamis, mengutip sumber anonim yang mengetahui masalah tersebut.



AS telah mengirim beberapa pasukan khusus ke Taiwan dalam beberapa tahun terakhir untuk melatih militer pulau itu melawan kemungkinan serangan dari China.

Tidak ada rincian yang diberikan tentang aktivitas SEAL Team 6 yang “sangat rahasia".

Komando Operasi Khusus AS merujuk pertanyaan apa pun tentang rencana membantu Taiwan ke Pentagon, yang juga menolak mengomentari rincian spesifik.

Sejauh ini, satu-satunya petunjuk tentang rencana AS untuk potensi konflik di sekitar Taiwan datang dari Laksamana Samuel Paparo, kepala Komando Indo-Pasifik, dalam sebuah wawancara bulan Juni.

"Saya ingin mengubah Selat Taiwan menjadi neraka tak berawak dengan menggunakan sejumlah kemampuan rahasia sehingga saya dapat membuat hidup mereka benar-benar sengsara selama sebulan, yang memberi saya waktu untuk sisanya," kata Paparo kepada Washington Post.

Taiwan telah dijalankan oleh keturunan nasionalis China sejak mereka meninggalkan daratan China pada tahun 1949, menyusul kemenangan Komunis dalam perang saudara.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)