Ini Alasan Israel Serang Suriah, Targetkan Fasilitas Penting yang Dimanfaatkan Proksi Iran

Rabu, 11 September 2024 - 12:15 WIB
loading...
Ini Alasan Israel Serang...
Ambulans melaju melewati mobil yang terbakar akibat serangan Israel di kota Masyaf, Suriah, Senin, 9 September 2024. Foto/AP/Omar Sanadiki
A A A
TEL AVIV - Israel kembali serang Suriah pada Minggu (8/9/2024) malam waktu setempat. Serangan melalui udara tersebut dilaporkan setidaknya menewaskan 18 orang dan melukai puluhan lainnya.

Kantor berita milik pemerintah SANA melaporkan Israel melancarkan serangan udara dari arah barat laut Lebanon. Adapun sasarannya sejumlah lokasi militer di wilayah tengah Suriah.

Menteri Kesehatan, Hassan al-Ghabbash, menggambarkan serangan itu sebagai aksi agresi brutal dan biadab. Ia mengatakan ada 18 orang tewas dan hampir 40 orang terluka.

Selain itu, Menteri Kelistrikan Mohammad al-Zamel menyampaikan bahwa serangan itu telah menyebabkan kerusakan sangat signifikan pada infrastruktur air dan listrik negara.

Serangan tersebut juga memicu kebakaran dan menyebabkan kerusakan di dekat kota Masyaf di provinsi Hama.

Lebih jauh, apa sebenarnya alasan Israel menyerang Suriah? Berikut ini ulasannya.

Alasan Israel Serang Suriah


Melihat ke belakang, momen ini bukan kali pertama Israel menyerang wilayah Suriah. Jika ditelusuri lebih jauh, ada serangkaian kasus serangan yang ditujukan Tel Aviv ke wilayah-wilayah Suriah.

Terkait serangan terbaru pekan lalu, Times of Israel menyebut serangan dilakukan untuk menghancurkan pusat penelitian ilmiah di Masyaf.

Tempat tersebut telah lama dikaitkan dengan pembuatan senjata kimia dan rudal presisi oleh Suriah dan perwakilan Iran.

Sebelumnya, Israel menuduh daerah Masyaf yang berada di sebelah barat Kegubernuran Hama digunakan sebagai pangkalan pasukan Iran dan milisi pro-Iran.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)