7 Fakta Sejarah Dukungan Presiden Putin pada Pemilu AS

Kamis, 12 September 2024 - 12:55 WIB
loading...
7 Fakta Sejarah Dukungan...
Presiden Rusia Vladimir Putin berulang kali menyatakan dukungan pada pemilu presiden AS. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Moskow akan mendukung Wakil Presiden AS Kamala Harris, calon dari Partai Demokrat, dalam pemilihan presiden pada bulan November.

Sifat komentar Putin menunjukkan bahwa ia bercanda, atau mengolok-olok kampanye Harris, pada saat pemerintah AS di bawah pemerintahan Joe Biden telah melontarkan tuduhan baru bahwa Rusia berusaha untuk ikut campur dalam pemungutan suara bulan November, untuk menguntungkan mantan Presiden Donald Trump.

Namun, apa pun motivasi Putin untuk komentar tentang Harris, komentar itu merupakan pengulangan terbaru dari upaya pemimpin Rusia untuk melibatkan Moskow dalam proses pemilihan AS.

Ini bukan pertama kalinya Putin memberikan dukungannya kepada kandidat presiden AS. Putin sendiri telah menduduki jabatan tertinggi Rusia sejak 2012. Ia juga menjabat sebagai presiden antara tahun 2000 dan 2008.

7 Fakta Sejarah Dukungan Presiden Putin pada Pemilu AS

1. Putin Mendukung Kamala Harris

7 Fakta Sejarah Dukungan Presiden Putin pada Pemilu AS

Foto/AP

Karena Biden telah keluar dari persaingan dan mendukung Harris, dia adalah pilihan terbaik Putin berikutnya, pemimpin Rusia itu menggoda.

Dia menambahkan bahwa Harris memiliki "tawa yang ekspresif dan menular", yang menunjukkan "dia melakukannya dengan baik". Penonton tertawa terbahak-bahak saat dia mengatakan bahwa jika Harris melakukannya dengan baik, mungkin dia tidak akan menjatuhkan sanksi kepada Rusia.

"Saya tidak tahu apakah saya dihina atau dia membantu saya," penantang dari Partai Republik Trump menanggapi di sebuah pemberhentian kampanye di New York Economic Club, dilansir Al Jazeera.

Komentar Putin muncul sehari setelah Departemen Kehakiman AS menuduh lembaga penyiaran milik Rusia RT berkampanye untuk mempengaruhi suara AS, dengan mendakwa dua wartawan Rusia.

Namun, ini bukan pertama kalinya Putin mengusik politik dalam negeri AS.

2. Putin mendukung Bush pada 2004

7 Fakta Sejarah Dukungan Presiden Putin pada Pemilu AS

Foto/AP

Pada bulan Oktober 2004, Putin mendukung Presiden petahana dari Partai Republik George W Bush. Ia mengatakan bahwa jika Bush kalah, hal itu akan menyebabkan "penyebaran terorisme" secara global.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1467 seconds (0.1#10.140)