Larangan Ekspor Senjata Inggris ke Israel Tidak Cukup Menghentikan Genosida di Gaza

Rabu, 04 September 2024 - 19:20 WIB
loading...
Larangan Ekspor Senjata...
Inggris mengeluarkan kebijakan untuk melarang ekspor senjata ke Israel. Foto/AP
A A A
LONDON - Awal minggu ini, Inggris mengatakan akan menangguhkan 30 dari 350 lisensi ekspor senjata ke Israel, dengan alasan "risiko yang jelas" bahwa lisensi tersebut dapat digunakan dalam pelanggaran serius terhadap hukum humaniter internasional.

Francesca Albanese, pelapor khusus PBB untuk wilayah Palestina yang diduduki, mengatakan ada pengakuan di antara negara-negara bahwa Israel "melakukan serangkaian kejahatan internasional".

"Ada tekanan besar di Inggris dan di negara-negara lain ... untuk tidak terlibat dalam [kejahatan perang internasional] ini. Namun, ada juga pengakuan bahwa berdasarkan perintah yang diberikan oleh Mahkamah Internasional, mungkin ada keterlibatan dalam tindakan genosida," kata Albanese kepada Al Jazeera.

"Jadi ada momen kebangkitan. Namun sekali lagi ini adalah awal. Ini masih belum cukup."

Pada bulan Januari, ICJ memerintahkan Israel untuk mengambil tindakan guna mencegah tindakan genosida selama perangnya di Gaza.



Sementara itu, mantan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn mengatakan meskipun undang-undang lisensi ekspor senjata mengharuskan setiap pemerintah Inggris untuk menilai ekspor tersebut, penangguhan sebagian senjata ke Israel merupakan "keputusan politis".

"[Menteri Luar Negeri] David Lammy mengumumkan bahwa ia akan menangguhkan 30 lisensi senjata dari 350, tetapi kemudian mengatakan bahwa hal ini tidak akan merusak kemampuan Israel untuk mempertahankan diri," katanya kepada Al Jazeera.

"Menteri Pertahanan John Healey telah melangkah lebih jauh pada hari Selasa dengan mengatakan bahwa hal itu pada dasarnya tidak membuat banyak perbedaan."

Selain itu, Corbyn mengatakan bahwa penggunaan senjata Inggris [di Israel] mengingat putusan ICJ awal tahun ini, serta aplikasi yang diajukan oleh ICC untuk para pemimpin Israel, membuat Inggris berada dalam "posisi yang sangat rentan".

"Bagian dari jet F-35 dibuat di Inggris. Inggris masih memasok banyak senjata lain ke Israel, jadi saya rasa kasus hukum terhadap Inggris belum selesai,” tambahnya.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1505 seconds (0.1#10.140)