4 Alasan Palestina Akan Segera Merdeka, Salah Satunya Kemenangan Hamas di Perang Gaza

Rabu, 04 September 2024 - 16:56 WIB
loading...
4 Alasan Palestina Akan...
Palestina akan segera menjadi negara yang merdeka karena kemenangan Hamas di Perang Gaza. Foto/AP
A A A
GAZA - Palestina menjadi negara menjadi perjuangan utama rakyat negara tersebut dan pejuang yang berperang melawan rezim Israel. Optimisme Palestina akan merdeka juga didukung ratusan negara lain yang ingin mengakhiri genosida di Gaza dan mewujudkan status negara yang berdaulat.

4 Alasan Palestina Akan Segera Merdeka, Salah Satunya Kemenangan Hamas di Perang Gaza

1. Mendapatkan Dukungan Penuh dari Negara-negara Eropa

4 Alasan Palestina Akan Segera Merdeka, Salah Satunya Kemenangan Hamas di Perang Gaza

Foto/AP

Melansir AP, Spanyol, Irlandia, dan Norwegia secara resmi mengakui negara Palestina pada Mei 2024 silam. Itu menjadi sebuah langkah menuju aspirasi Palestina yang telah lama dipegang yang dipicu oleh kemarahan internasional atas kematian warga sipil dan krisis kemanusiaan di Jalur Gaza setelah serangan Israel.

Keputusan bersama oleh dua negara Uni Eropa plus Norwegia, sebuah negara dengan tradisi diplomatik yang kuat dalam penciptaan perdamaian, dapat menghasilkan momentum untuk pengakuan negara Palestina oleh negara-negara UE lainnya dan dapat memacu langkah-langkah lebih lanjut di Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang memperdalam isolasi Israel.

Sebelumnya tujuh anggota dari 27 negara Uni Eropa secara resmi mengakui negara Palestina. Lima dari mereka adalah bekas negara blok timur yang mengumumkan pengakuan pada tahun 1988, seperti halnya Siprus, sebelum bergabung dengan blok tersebut. Pengakuan Swedia datang pada tahun 2014.

Republik Ceko, anggota UE, mengatakan bahwa pengakuan tahun 1988 oleh bekas Cekoslowakia — yang saat itu menjadi bagiannya — tidak berlaku untuk negara modern. Kementerian Luar Negeri Slovakia mengatakan bahwa kedua pihak mengonfirmasi pengakuan bersama mereka saat Slovakia merdeka pada tahun 1992-93, dan bahwa negara Palestina memiliki kedutaan besar yang berfungsi penuh di Bratislava sejak tahun 2006.

Anggota Uni Eropa, Slovenia, juga bergerak ke arah yang sama. Perdana Menteri Robert Golob mengatakan pemerintahnya akan memutuskan pengakuan negara Palestina pada hari Kamis dan meneruskan keputusannya ke parlemen untuk persetujuan akhir.


2. Kembali dengan Rencana PBB 1947?

4 Alasan Palestina Akan Segera Merdeka, Salah Satunya Kemenangan Hamas di Perang Gaza

Foto/AP

Rencana pembagian wilayah PBB pada tahun 1947 menyerukan pembentukan negara Yahudi di samping negara Palestina, tetapi Palestina dan dunia Arab yang lebih luas menolaknya karena rencana itu akan memberi mereka kurang dari setengah wilayah meskipun Palestina merupakan dua pertiga dari populasi.

Perang Arab-Israel tahun berikutnya membuat Israel memiliki lebih banyak wilayah, Yordania menguasai Tepi Barat dan Yerusalem timur, dan Mesir menguasai Gaza.

Dalam perang tahun 1967, Israel merebut ketiga wilayah tersebut, dan perundingan perdamaian selama beberapa dekade yang kadang gagal.

Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara Barat lainnya telah mendukung gagasan negara Palestina yang merdeka yang berdiri di samping Israel sebagai solusi atas konflik paling pelik di Timur Tengah, tetapi mereka bersikeras bahwa negara Palestina harus menjadi bagian dari penyelesaian yang dinegosiasikan. Tidak ada negosiasi substantif sejak 2009.

Meskipun negara-negara Uni Eropa dan Norwegia tidak akan mengakui negara yang sudah ada, hanya kemungkinan untuk mengakuinya, simbolisme tersebut membantu meningkatkan posisi internasional Palestina dan memberikan lebih banyak tekanan pada Israel untuk membuka negosiasi guna mengakhiri perang.

3. Sudah 140 Negara Mengakui Palestina sebagai Negara Merdeka

4 Alasan Palestina Akan Segera Merdeka, Salah Satunya Kemenangan Hamas di Perang Gaza

Foto/AP

Sekitar 140 negara telah mengakui seorang , lebih dari dua pertiga dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Melansir AP, beberapa negara besar telah mengindikasikan sikap mereka mungkin berubah di tengah protes atas konsekuensi serangan Israel di Gaza, yang telah menewaskan lebih dari 40.000 warga Palestina menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

Kementerian tersebut tidak membedakan antara non-kombatan dan pejuang dalam hitungannya. Israel melancarkan serangan tersebut menyusul serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober di mana militan menyerbu melintasi perbatasan Gaza ke Israel, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang.

Inggris mengatakan tidak ada pengakuan negara Palestina yang dapat terjadi selama Hamas tetap berada di Gaza, tetapi itu dapat terjadi selama negosiasi Israel dengan para pemimpin Palestina sedang berlangsung.

Prancis telah mengindikasikan bahwa mereka belum siap untuk bergabung dengan negara-negara lain dalam mengakui negara Palestina, meskipun pada prinsipnya tidak menentang gagasan tersebut. Jerman mengatakan tidak akan mengakui negara Palestina untuk sementara waktu.

4. Hamas Memenangkan Perang Gaza

4 Alasan Palestina Akan Segera Merdeka, Salah Satunya Kemenangan Hamas di Perang Gaza

Foto/AP

Setelah beberapa bulan berperang dengan Israel, strategi pascaperang Hamas – yang didasarkan pada apa yang dilihatnya sebagai kemenangan yang akan segera diraihnya – mulai terbentuk. Saat pembicaraan dengan Israel, yang dimediasi oleh Amerika Serikat, Mesir, dan Qatar, terus berlanjut menuju kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera, gerakan militan Islam itu mengincar rencana pascaperangnya.

Rencana itu termasuk memanfaatkan gelombang elektoral untuk meraih kekuasaan di Tepi Barat sambil menghindari tanggung jawab atas pembangunan kembali Gaza secara besar-besaran – dan atas kehancuran besar dan hilangnya nyawa di sana akibat perang yang ditimbulkannya.

Sejak Hamas memicu perang yang membawa malapetaka di Gaza Oktober lalu, pertanyaan-pertanyaan telah diajukan: Apa tujuannya? Bagaimana ia bisa menang? Apa yang dipikirkannya? Sekarang ia melihat kemenangan sudah di depan mata, dan ambisinya yang dinyatakan melambung tinggi.

Ia terasa seperti agenda yang berani, "ambil kue dan makan juga".

Namun jajak pendapat warga Palestina menunjukkan bahwa hanya dengan bertahan dan mengguncang konflik Israel-Palestina, dan melalui pesan yang cermat, gerakan tersebut dapat berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan pascaperangnya.

"Kemenangan" bukanlah istilah yang sering digunakan Hamas di depan umum, mengingat istilah itu merupakan istilah yang emosional dan kasar bagi warga Palestina di Gaza, tempat sekitar 38.000 orang telah tewas dan 70% rumah telah rusak atau hancur, menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dalam survei baru-baru ini, 61% warga Gaza mengatakan setidaknya satu anggota keluarga telah tewas dalam perang tersebut.

Namun, dengan perang yang belum berakhir, narasi Hamas tentang kemenangan jangka menengah dan panjang mulai terbentuk.

Dalam beberapa pernyataan pers dan wawancara dengan The Christian Science Monitor, Hamas membingkai serangannya pada 7 Oktober dan perang yang diakibatkannya sebagai pemaksaan negara-negara Arab, Israel, dan AS untuk sekali lagi menangani masalah dan kenegaraan Palestina – setelah bertahun-tahun mereka memperlakukannya sebagai renungan.

“Semua upaya Amerika dan Israel untuk mengabaikan Palestina dan menolak hak asasi manusia dasar mereka telah gagal,” kata Bassem Naim, seorang pejabat politbiro Hamas di Istanbul dan mantan menteri pemerintah. “Sekarang kita memiliki kesempatan untuk menetapkan cara baru ke depan.”

Sari Orabi, seorang pengamat politik Palestina yang berbasis di Ramallah, Tepi Barat dan analis gerakan Islamis, mengatakan bahwa “para pencela Hamas mengakui telah terjadi perubahan paradigma.”

“Bahkan warga Palestina yang berbeda pendapat dengan Hamas pada 7 Oktober dan tidak percaya Hamas memiliki visi politik yang nyata mengakui bahwa cara pendudukan Israel melancarkan perang merupakan pukulan bagi reputasinya di panggung dunia,” katanya.

Dengan pasukannya kembali ke wilayah Gaza utara yang dibersihkan oleh militer Israel, pengerahan polisi berpakaian preman, dan peluncuran roket di Tel Aviv, Hamas mengisyaratkan ketahanan dan pembangkangannya kepada warga Palestina dan kekuatan regional.

“Ketika kita mengajukan pertanyaan ‘Siapa yang kalah dan siapa yang menang?’ – Palestina kehilangan banyak nyawa sementara Israel kehilangan citra globalnya, sekutu, dan menderita kerugian ekonomi,” kata Belal Shobaki, kepala departemen ilmu politik di Universitas Hebron di Tepi Barat.

“Sementara itu Hamas masih dapat beraksi di Gaza, menembakkan rudal ke Tel Aviv, dan terlibat dalam semua aspek kehidupan. Itu mungkin bukan kemenangan langsung bagi sebagian orang, tetapi itu bukan kekalahan, dan itu menempatkannya pada posisi yang lebih kuat [di hadapan] Israel daripada saat perang dimulai,” katanya. “Hamas akan terus menyebarkan pesan ini dan itu akan diterima banyak orang.”

Kata pejabat Hamas kedua, di Gaza, yang lebih suka tidak disebutkan namanya karena alasan keamanan, “Bertahannya perlawanan adalah kemenangan bagi rakyat Palestina. Para martir telah gugur, tetapi ketangguhan kita mengguncang dunia.”

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)