Siapa Nama Asli Paus Fransiskus? Ini Penjelasan Lengkapnya

Selasa, 03 September 2024 - 19:45 WIB
loading...
Siapa Nama Asli Paus...
Paus Fransiskus (kiri) disambut pejabat Indonesia saat kedatangannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Selasa, 3 September 2024. Foto/AP/Achmad Ibrahim
A A A
JAKARTA - Siapa nama asli Paus Fransiskus? Pertanyaan ini mungkin sempat terlintas di benak seseorang yang merasa penasaran dengan sosok pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia tersebut.

Hari ini, Selasa (3/9/2024), Paus Fransiskus tiba dalam kunjungan ke Indonesia. Agenda tersebut merupakan salah satu bagian dalam rangkaian perjalanan apostolik ke-45 di Asia Pasifik.

Melihat ke belakang, Paus Fransiskus terpilih menjadi Paus ke-226 Gereja Katolik pada 13 Maret 2013 lalu. Ia dipilih setelah pengunduran diri Paus Benediktus XVI.

Lebih jauh, siapa sebenarnya nama asli dari Paus Fransiskus ini? Berikut penjelasan lengkapnya.

Siapa Nama Asli Paus Fransiskus?


Nama asli dari Paus Fransiskus adalah Jorge Mario Bergoglio. Ia lahir di Buenos Aires pada 17 Desember 1936.

Pada latar belakangnya, Paus Fransiskus merupakan putra dari imigran Italia. Ayahnya bernama Mario, seorang akuntan yang bekerja di perusahaan kereta api. Sedangkan ibunya bernama Regina Sivori.

Saat terpilih menjadi Paus baru menggantikan Benedictus XVI sebagai pemimpin umat Katolik, Jorge Mario Bergoglio melakukan terobosan bersejarah dengan memilih nama Francis atau Fransiskus di belakangnya. Namun, ternyata ada alasan tersendiri terkait penggunaan nama tersebut.

Mengutip laman CBC News, Wakil juru bicara Vatikan, Thomas Rosica, menyebut Bergoglio ingin menghormati Santo Fransiskus dari Asisi.

Dalam sejarah gereja, Santo Fransiskus dari Asisi dikenal sebagai sosok yang memperjuangkan hak-hak kaum miskin.

Sejalan dengan hal tersebut, Fransiskus dari Asisi menjadi inspirator Paus saat ini dalam memperjuangkan perhatian terhadap kaum miskin dan lingkungan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)