Sering Jadi Sasaran Empuk Hamas, Tentara Israel Akan Tinggalkan Koridor Philadelphia

Minggu, 01 September 2024 - 21:50 WIB
loading...
Sering Jadi Sasaran...
Tentara Israel akan tinggalkan Koridor Philadelphia. Foto/AP
A A A
GAZA - Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant telah meminta kabinet keamanan untuk membatalkan keputusannya untuk mempertahankan kehadiran militer Israel di sepanjang Koridor Philadelphia Gaza. Itu merupakan sebuah posisi yang ia yakini menghalangi kesepakatan gencatan senjata.

Gallant, yang pada hari Kamis memberikan satu-satunya suara kabinet keamanan yang menentang rencana militer untuk koridor tersebut, mengatakan dalam sebuah posting di X bahwa Israel harus memprioritaskan pengembalian tawanan yang tersisa.

Namun, menanggapi penemuan enam tawanan Israel yang tewas di Gaza, ia juga berjanji bahwa Israel "akan meminta pertanggungjawaban setiap pemimpin dan pembunuh Hamas, hingga yang terakhir".

Israel telah mengatakan ingin menguasai seluruh wilayah perbatasan antara Gaza dan Mesir karena hal itu mengisyaratkan bahwa perang brutalnya di Gaza belum akan berakhir.

Namun demikian, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada konferensi pers mingguan pada hari Sabtu bahwa Koridor Philadelphia "harus berada di tangan kita" dan ditutup untuk memastikan hasil keamanan yang diinginkan Tel Aviv.

Apa itu Koridor Philadelphia? Koridor Philadelphia, yang juga dikenal sebagai Rute Philadelphia, adalah jalur tanah sepanjang 14 km (8,7 mil) yang mewakili keseluruhan wilayah perbatasan antara Gaza dan Mesir.

Koridor ini didirikan sebagai zona penyangga yang dikontrol dan dipatroli oleh angkatan bersenjata Israel sebagai bagian dari perjanjian damai tahun 1979 dengan Mesir yang mengakhiri pendudukan Israel di Semenanjung Sinai dan membuka kembali Terusan Suez.

Tujuan yang dinyatakan adalah untuk menghentikan senjata dan material agar tidak sampai ke tangan warga Palestina di dalam Jalur Gaza, yang diduduki Israel, dan untuk mencegah orang berpindah antara tanah Palestina dan Mesir tanpa pemeriksaan ketat.

Pada tahun 2005, Israel menarik diri dari Jalur Gaza di bawah tekanan internasional dan malah mengubah tanah Palestina yang padat penduduk itu menjadi penjara terbuka terbesar di dunia.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)