alexametrics

Seni Budaya Indonesia Disambut Antusias Publik Kroasia

loading...
Seni Budaya Indonesia Disambut Antusias Publik Kroasia
Resepsi Diplomatik HUT Ke-74 RI di Kedutaan Besar RI, Zagreb, Kroasia. FOTO/M.Ridwan
A+ A-
ZAGREB - Ratusan tamu undangan memberikan apresiasi tinggi atas perhelatan Resepsi Diplomatik HUT Ke-74 RI yang digelar Kedutaan Besar RI di Zagreb, Kroasia, Senin (7/9) malam atau Selasa (8/9) dini hari WIB. Seni budaya Indonesia yang tersaji di ajang itu pun makin mendapat tempat di mata publik luar negeri.

“Saya bangga bisa memberikan tontonan yang bagus buat para tamu saya. Apalagi, seni budaya yang ditampilkan KSBN di ajang ini berasal dari berbagai daerah di nusantara. Ini diplomasi terbaik dalam mengangkat nama Indonesia,” ujar Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI di Kroasia, Sjachroedin Zainal Pagaralam di Zagreb, Senin (7/9).

Hadir dalam acara Resepsi Diplomatik itu sejumlah duta besar negara sahabat seperti Duta Besar Iran, Amerika Serikat, Italia, India, termasuk wakil parlemen Kroasia. Mereka begitu terhibur dengan seni budaya Indonesia yang dikemas dalam bentuk tarian, lagu, dan karya-karya fashion terkini yang unik.



Di seni tari misalnya, tim Bunga Semanggi Surabaya pimpinan Heni Swastantri Soetrisno tampil menawan membawakan tarian Jaripah Banyuwangi dan Tari Nusantara. Begitu juga tim Bengkel Tari mendapat sambutan hangat publik lewat tarian Legong Lasem dan Tari Belibisnya.

"Kami setiap tahun menggelar event seni budaya seperti ini. Kami senang bisa memperkenalkan berbagai seni budaya Nusantara sehingga bisa dikenal orang luar," tegas mantan Gubernur Lampung dia periode itu.

Tak hanya itu, peragaan busana Batik Tulis Gobang Betawi yang dibawakan muda mudi Kroasia semakin menyempurnakan promosi budaya Indonesia di negeri Kroasia. Batik Tulis Gobang adalah batik khas Betawi yang Benyak menggunakan ikon ondel-ondel Jakarta.

"Kami menulis sendiri Batik Gobang Jakarta ini. Kami senang bisa turut mewarnai perayaan HUT RI di Kroasia ini lewat peragaan Busana Batik Gobang," ujar pengrajin sekaligus perancang busana Batik Gobang Ethys Mayoshi.

Selain Batik Tulis Gobang, busana Dara Baro hasil rancangan desainer asal Aceh Dimita Agustin pun menjadi pusat perhatian tamu undangan. Ini makin melengkapi sajian busana etnik yang dibawakan tim Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) di ajang Resepsi Diplomatik Kedubes RI Zagreb itu. Belum lagi lantunan penyanyi muda Diah ayu Lestari yang membawakan lagu-lagu daerah makin menguatkan promosi seni budaya indonesia.

"Kami senang diundang Pak Dubes di Kroasia untuk menampilkan seni budaya Nusantara di negeri Kroasia. Ini momentum kami untuk membantu pemerintah mempromosikan seni budaya Indonesia menjadi lebih mendunia," ujar Ketua Umum KSBN Hendardji Soepandji.

Hendardji menyatakan penampilan timnya di ajang Resepsi Diplomatik itu juga akan menjadi bekal persiapan penampilan berikutnya di ajang outdoor di Lapangan Bunga Zagreb pada Rabu (9/9) dan panggung terbuka di Kota Zadar.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak