Mengenal Martha Louise, Putri Kerajaan Norwegia yang Bangga Jadi Dukun

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 17:15 WIB
loading...
A A A
Skandal tersebut, bersama dengan pernikahan kerajaan yang akan datang, telah secara serius mengikis dukungan untuk monarki Norwegia. Raja Harald tetap bungkam tentang masalah tersebut.

Sebuah partai politik Norwegia yang dikenal dengan sikap anti-kerajaannya menggunakan skandal baru-baru ini untuk mengkampanyekan usulan untuk mengubah Konstitusi dan menghapuskan monarki.

"Kasus-kasus ini menunjukkan beberapa tantangan mendasar terhadap monarki," kata Andreas Sjalg Unneland, seorang anggota parlemen dari Partai Kiri Sosialis yang berhaluan kiri, kepada The Associated Press terkait pernikahan kerajaan dan kasus Borg Høiby.

"Apakah kita harus menunggu skandal yang begitu besar hingga kita menghapuskan monarki, atau dapatkah kita mengakhirinya dengan bermartabat?" tanya Sjalg Unneland, seraya menambahkan bahwa negara harus mengadakan referendum mengenai masalah tersebut.



Usulan tersebut, yang diharapkan akan diajukan bulan depan, kemungkinan besar tidak akan mendapat dukungan dari anggota parlemen lainnya.

Pernikahan hari Sabtu akan diresmikan setelah liturgi pernikahan Gereja Norwegia. Meskipun acara tersebut diberi label acara pribadi dan tidak ada daftar tamu yang diumumkan ke publik, rumah tangga kerajaan di Oslo mengatakan Harald, Ratu Sonja, pewaris takhta Haakon, dan Putri Mahkota Mette-Marit akan hadir. Calon raja dan ratu Norwegia akan ditemani oleh anak-anak mereka. Borg Høiby tidak akan hadir.

Putri Mahkota Swedia Victoria dan suaminya Pangeran Daniel juga dilaporkan menghadiri upacara di Geiranger, 265 kilometer (165 mil) di utara Bergen, kota terbesar kedua di Norwegia. Namun, Raja Denmark Frederik dan istrinya yang lahir di Australia, Ratu Mary, tidak akan hadir.

Bintang realitas, influencer media, dan tokoh TV akan melengkapi tamu upacara di kota Geiranger yang indah, yang terletak di tepi fjord eponimnya yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kapal pesiar kerajaan Norwegia, Norge, telah berlabuh di sana, dikelilingi oleh pegunungan dan sungai. Kapal itu akan berfungsi sebagai tempat tinggal raja dan ratu, kata rumah tangga kerajaan di Oslo.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)