Kasus Covid-19 Melonjak, Korsel Perintahkan Dokter Kembali Bekerja

Rabu, 26 Agustus 2020 - 13:46 WIB
loading...
Kasus Covid-19 Melonjak, Korsel Perintahkan Dokter Kembali Bekerja
Pemerintah Korsel memerintahkan para dokternya yang mogok untuk kembali bekerja di tengah melonjaknya kasus virus Corona. Foto/Reuters
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) memerintahkan para dokter di wilayah Seoul untuk kembali bekerja ketika mereka memulai pemogokan tiga hari sebagai protes atas beberapa proposal pemerintah, termasuk satu untuk meningkatkan jumlah dokter yang menangani krisis kesehatan seperti virus Corona .

Dokter peserta pelatihan telah melakukan pemogokan berkelanjutan, dan ribuan dokter tambahan akan melakukan pemogokan tiga hari yang dimulai pada hari Rabu (26/8/2020).

Pemogokan itu terjadi ketika Korsel memerangi salah satu wabah virus Corona terburuk, dengan 320 kasus baru dilaporkan dalam 24 jam hingga Selasa tengah malam. Ini adalah yang terbaru dalam lebih dari satu setengah minggu dari peningkatan tiga digit.(Baca: Virus Corona Bangkit Kembali, Seluruh Sekolah di Seoul Ditutup )

Kantor berita Korsel, Yonhap, melaporkan pemogokan memaksa lima rumah sakit umum besar Korsel untuk membatasi jam kerja mereka dan menunda jadwal operasi.

Awal pekan ini, para dokter mencapai kesepakatan dengan pemerintah untuk terus menangani pasien virus Corona, tetapi gagal menemukan kompromi pada masalah yang lebih luas.

"Pemerintah sekarang tidak punya pilihan selain mengambil tindakan hukum yang diperlukan seperti perintah untuk membuka bisnis agar tidak membahayakan nyawa dan keselamatan warga," kata Menteri Kesehatan Park Neung-hoo dalam sebuah penjelasan.

“Kami mendesak semua peserta pelatihan dan sesama dokter untuk segera kembali bekerja,” desaknya seperti dikutip dari Reuters.

Dia mengatakan Asosiasi Medis Korea (KMA) dan Asosiasi Penduduk Intern Korea (KIRA) telah menolak beberapa tawaran pemerintah.

Dalam sebuah pernyataan, KMA mengatakan komunitas medis selalu terbuka untuk segala kemungkinan dalam pembicaraan dengan pemerintah dan para dokter tidak ingin melakukan pemogokan.

"Kami dengan tulus ingin kembali," bunyi pernyataan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)